PDIP Usul Ambang Batas Parlemen Jadi 5 Persen, PKS: Masih Wajar

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA – PDIP menyampaikan usul terkait naiknya ambang batas parlemen atau parliamentary threshold menjadi 5 persen. Usul ini pun direspons setiap elite partai politik di parlemen. 

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

PKS menjadi salah satu partai yang sependapat dengan usulan PDIP itu. Menurut Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini, angka kenaikan PT sebesar 5 persen, dinilai masih dalam angka wajar. Menurut Jazuli, PKS juga tak masalah jika nantinya itu diterapkan

 "PKS setuju lima persen karena itu ada kenaikan yang gradual. Kemarin itu kan 4 persen, saya kira kalau kenaikan 4,5 persen, 5 persen itu wajar kenaikannya," kata Jazuli di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Jazuli menekankan, jika angka kenaikan berkisar di 4,5 sampai 5 persen, cukup wajar. Namun, jika angka yang ditetapkan lebih dari itu maka dikhawatirkan akan banyak suara rakyat yang terbuang sia-sia.

"Kalau terlalu tinggi nanti masalah, ada suara rakyat yang mubazir kan. Jadi, kalau angkanya lima persen itu wajarlah," ujar Jazuli.

Meski begitu, perlu ada kajian terlebih dahulu untuk menaikkan angka ambang batas tersebut. Jangan sampai justru rencana ini membuat banyak suara rakyat terbuang sia-sia.

"PKS enggak keberatan, menurut PKS itu wajar. Justru PKS di lima persen itu bagus. Tapi, kalau di atas itu saya kira harus dikaji lebih dalam karena apa, karena kalau artinya lebih tinggi, itu lebih tinggi suara rakyat yang terbuang enggak terwakili. itu dia intinya," ujarnya.

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023