Elektabilitas Anak dan Mantu Jokowi Meningkat, PDIP Belum Pasti Dukung

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVAnews/Edwin Firdaus

VIVA – Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan pihaknya terus memantau putra dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, yang sudah mendeklarasikan maju menjadi bakal calon Walikota Solo dan Walikota Medan.

Bobby Nasution Beri Sinyal Kuat Bakal Gabung Golkar: Insya Allah, Belum Ada KTA

Berdasarkan tren elektabilitasnya, Hasto menyebut bahwa keduanya cenderung meningkat. Keduanya dinilai sosok anak muda yang menjadi perhatian.

"Kalau dari survei memang Mas Bobby elektoralnya cenderung melejit. Hal serupa terjadi dengan Gibran, yang elektabilitasnya cenderung meningkat. Ada antusiasme bagi anak-anak muda untuk bergabung mendukung," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Namun meski elektabilitas keduanya cenderung meningkat, Hasto mengatakan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri belum membuat keputusan final soal pencalonan keduanya. Sehingga DPP PDIP akan terus menyiapkan pemetaan politik dan survei politik, untuk menjadi bahan bagi Megawati sebelum mengambil keputusan.

Sebelumnya Hasto mengungkapkan pengumuman calon Walikota Solo akan dilakukan terpisah, bersama dengan Bali dan Makassar.

Diah Warih Ngobrol Akrab dengan Jokowi di Istana, Minta Restu Maju Pilkada Solo?

Solo sebenarnya sudah siap, tapi karena akan diumumkan bersama sama dengan Bali, dimana masyarakat Bali hari ini merayakan Galungan maka nanti akan bersama sama. dengan kita Makasar," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

Selain itu hasto menambahkan Solo dan Bali merupakan basis dari PDIP sehingga akan diumumkan bersama sama. Saat ini DPP tengah berkoordinasi dengan pengurus daerah untuk menyiapkan hal tersebut.

"Karena bagaimanapun juga Kota Solo merupakan basis utama, demikian juga Bali. Maka nanti akan diumumkan bersama sama, dan kami sudah mengkomunikasikan dengan seluruh kader kader partai daerah di kota Solo dan Bali," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya