Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Suwardi, Peneliti Solo Raya Polling
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Jakarta – Nama putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep masuk dalam bursa calon Wali Kota Solo pada Pilkada Solo pada November 2024. Selain Kaesang, ada beberapa nama yang digadang-gadang masuk bursa calon wali kota.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Deretan nama itu juga memunculkan nama penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X, putri Akbar Tandjung, Sekar Tandjung, putri politisi PDIP Aria Bima, Yashinta Sekarwangi Mega. Selain itu, ada putra mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Rheo Fernandez.

Peneliti dari lembaga survei Solo Raya Polling, Suwardi menyebutkan muncul 12 nama bakal calon wali kota jelang Pilkada Solo 2024. Belasan nama itu muncul setelah dilakukan jajak pendapat dengan melibatkan sebanyak 19 tokoh masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Kata dia, para tokoh itu  di antaranya berasal dari politisi, birokrat, akademisi, budayawan, pengageng keraton, pengusaha, tokoh LSM, pemangku kebijakan keuangan, agawaman dan tokoh pemuda.

“Hasil kajian kami yang kami kembangkan dengan metode delphi itu untuk memahami gagasan yang muncul dari para tokoh atau stakeholder lintas bidang," kata Suwardi di Solo, Jumat, 8 Maret 2024.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Dia menyebut karakteristik dari metode dhelpi ini adalah respondennya para tokoh di lintas bidang dalam rangka memahami dimensi latar belakang kepemimpinan. "Jajak pendapat para narasumber itu dilakukan selama sepuluh hari,” ujar Suwardi.

Suwardi menjelaskan, hasil dari jajak pendapat yang mewakili lintas sektor itu kemudian muncul karakteristik kepemimpinan ideal yang diinginkan para tokoh tersebut. Menurut dia, setelah itu muncul nama-nama bakal calon penerus Gibran Rakabuming Raka yang mendekati karakteristik tersebut.

“Maka kemudian dari itu, kami sampai sebuah kesimpulan adanya tokoh-tokoh yang para stakeholder sebutkan tadi, tokoh-tokoh yang masuk di bursa calon pemimpin Kota Solo,” ujar dia.

Adapun Suwardi menyebut nama-nama tokoh yang masuk dalam bursa calon wali kota seperti Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo, Sekda Solo Budi Murtono.

Selain itu, ada KGPAA Mangkunegara X, Ketua PCNU Solo Mashuri, calon anggota DPD RI Dapil DIY Yashinta Sekarwangi Mega, Ketua DPD Partai Golkar Solo yang juga putri Akbar Tandjung Sekar Tandjung, putra FX hadi Rudyatmo Rheo Fernandez, Ketua Bapilu PDIP Solo Her Suprabu, Rektor UNSA Astrid Widayani, politisi PKS Solo Sugeng Riyanto dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

“Ini adalah 12 tokoh yang kami rangkum dari narasumber kami yang saya sebut sebagai tokoh stakeholder lintas bidang," tutur Suwardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya