Banyak Daerah Akan Dipimpin Plt Jadi Berkah Ganjar-Puan di 2024

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat audiensi dengan Forkopimda Kota Tegal.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Barisan relawan pendukung duet Ganjar Pranowo-Puan Maharani yaitu Laskar Ganjar Puan terus bergerak mensosialisasikan pasangan tersebut untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kelompok relawan ini yakin jika duet Ganjar-Puan terealisasi maka peluang menang besar.

Puan Bilang Penyusunan RAPBN 2025 Berbasis RPJMN Prabowo-Gibran

Ketua Umum Laskar Ganjar-Puan (LGP), Nawang Andi Kusuma, mengatakan duet Ganjar-Puan punya potensi kemenangan besar karena ada beberapa alasan. Salah satunya karena jelang Pilpres 2024 banyak daerah akan dipimpin oleh Pelaksana tugas atau Plt.

Dia mengatakan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang selesai pada 2022 dan 2023 jumlahnya kurang lebih separuh dari total yang akan dipimpin Plt. Menurutnya, nanti Plt banyak unsur dari unsur ASN/TNI/Polri yang ditentukan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. 

Sampaikan Pesan Puan, Gobel: Pemerintah Baru Harus Punya Keleluasaan Susun APBN

Nawang optmis tak ada pemimpin daerah yang akan menjadi saingan Ganjar-Puan.

"Sehingga tidak ada pesaing Ganjar-Puan dari unsur kepala daerah yang memanfaatkan posisi kepala daerahnya untuk nyapres di tahun 2024," kata Andi kepada wartawan, Rabu 16 Februari 2022.

Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengumumkan calon Panglima TNI.

Photo :
  • Dok. DPR.

Menurut Nawang, jika duet Ganjar-Puan diusung PDI Perjuangan (PDIP) maka partai tersebut hampir rampung mengkonsolidasikan struktur organisasinya hingga anak ranting (RW). Upaya ini penting sebagai organ utama pemenangan Pileg dan Pilpres 2024.

Dia menyinggung PDIP adalah satu-satunya parpol yang bisa mengusung pasangan capres dan cawapres tanpa koalisi di Pilpres 2024.

"Persepsi publik akan bergeser ke PDI Perjuangan yang bisa mengusung calon Presiden tanpa koalisi. Persepsi tersebut terbangun karena kepastian calon sejak awal tanpa dinamika berarti dengan partai koalisi," jelas Nawang

Menurut Nawang, PDIP juga sebagai parpol pemenang yang memiliki kader terbanyak di legislatif dan eksekutif dari hasil Pemilu 2019 dan Pilkada serentak 2020. Dia merincikan keberhasilan PDIP dengan kemenangan 5 Gubernur, 6 Wakil Gubernur, 128 Bupati/Wali Kota, 128 kursi DPR RI, 418 kursi DPRD Provinsi dan 2804 kursi DPRD Kota/Kabupaten.

Pun, ia menyebut sebagai bakal capres, Ganjar Pranowo juga dianggap kader terbaik PDIP. Hal ini merujuk sejumlah lembaga survei yaitu dengan Ganjar yang menjadi juara.

Begitu juga dengan Puan Maharani yang merupakan kader terbaik yang muncul dari aspirasi murni kader PDIP di seluruh Indonesia.

Kemudian, Nawang juga merujuk survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) per Desember 2021, bahwa tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan presiden Jokowi sebesar 71 persen. Tingkat kepuasan itu akan membantu bagi duet Ganjar-Puan yang merupakan kader PDIP.

"Kepuasan tersebut sangat membantu kemenangan capres dan cawapres pasangan Ganjar-Puan yang notabene merupakan satu partai dengan Presiden Jokowi serta pemilihan legislatif PDI Perjuangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya