Ridwan Kamil Ancang-ancang Nyapres, Siap Dipasangkan dengan Siapa Saja

Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.

VIVA – Ridwan Kamil menjadi salah satu nama yang digadang-gadang berlaga dalam pemilu presiden tahun 2024. Sejumlah hasil survei bahkan menempatkan namanya dalam jajaran papan atas tokoh yang memunyai elektabilitas tinggi.

Bantah 3 DPO Kasus Vina Anak Anggota Polri, Kombes Jules: Korban Eki yang Anak Polisi

Dia mengaku siap maju dalam pemilu presiden dan bahkan siap dipasangkan dengan siapa saja sebagai calon presien maupun calon wakil presiden. Dia mengibaratkan pasangan politik seperti proses cinta dalam sebuah pernikahan.

Menurutnya, dalam politik, tidak bisa memilih siapa calonnya namun hanya bisa belajar mencintai usai terjadi pernikahan politik. "Dalam politik itu ya dijodohkan dengan siapa saja harus siap. Karena [menurut] pengalaman, jarang ada pengantin politik bisa milih sendiri jodohnya. Jadi nikah dulu baru mencintai," kata Ridwan Kamil ketika ditemui di Masjid UGM, Yogyakarta, Selasa, 5 April 2022.

PP Muhammadiyah Surati Jokowi Jelang Pembentukan Pansel KPK

Ketika disodorkan nama-nama seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Puan Maharani hingga Prabowo Subianto sebagai calon pasangannya, Kang Emil kembali berkomentar siap. "Kan udah dibilang. Orang kayak saya itu harus berani mencintai setelah menikah," ujarnya.

Muhammadiyah

Kata Kombes Jules Abraham soal Polisi Sembunyikan Identitas Buron Pembunuh Vina Cirebon

Dalam kesempatan kunjungan di Yogyakarta, Ridwan Kamil menjadi pembicara di Masjid Kampus Universitas Islam Indonesia (UII). Dia menyampaikan ceramah dengan tema 'Peran Pemuda Intelektual Muslim Membangun Negeri yang Berprestasi'.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Setelah itu dia bersilaturahmi ke kantor Muhammadiyah di Kota Yogyakarta sekalian menemui sang ketua umum Haedar Nashir. Kemudian menjadi penceramah salat tarawih di Masjid Kampus UGM. Dalam ceramahnya, Ridwan Kamil mengambil tema 'Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Berkemajuan'

Saat ditanyai tentang agenda silaturahminya ke kantor Muhammadiyah, dia mengaku sekadar mampir dan meminta doa. "Enggak [ada obrolan serius]. Hanya minta doa. Masa saya ke Yogyakarta, enggak mampir ke Kantor Pusat Muhammadiyah," katanya

Ketika ditanya wartawan apakah minta doa ke Muhammadiyah berkaitan dengan keinginannya maju dalam pemilu presiden 2024, Ridwan menampiknya.

Dia bercerita bahwa kebetulan Haedar Nashir akan mendirikan rumah sakit di kampung halamannya di Bandung. "Kebetulan wilayah saya. Saya sebagai Gubernur mau membantu keberhasilan rumah sakit Muhammadiyah di sana," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya