Sohibul Iman: Banyak Pemilih PKS Cenderung ke Anies

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohammad Sohibul Iman menyampaikan pemilih internal PKS cenderung memilih Anies Baswedan sebagai calon presiden. Hal itu merujuk survei internal PKS.

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

"Hasil survei, banyak pemilih PKS cenderung kepada Anies Baswedan," kata Mohammad Sohibul Iman di Jakarta dikutip dari Antara, Selasa, 21 Juni 2022.

Meski demikian, Sohibul mengatakan selain Anies, ada juga nama Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia menekankan hasil survei itu belum dapat dipastikan sebagai bakal calon yang diusung. 

Timnas Amin Bakal Halalbihalal di Rumah Anies Besok, Langsung Dibubarkan?

Menurutnya, dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), juga akan disiapkan sesi. Kata dia, nanti  panitia Rapimnas meminta para Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) se-Indonesia menyampaikan pendapat terkait usulan capres yang kondusif dan memberikan efek terhadap PKS. "Kemungkinan mereka menyebutkan tiga nama," ujar eks Wakil Ketua DPR itu.

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri (kiri) dan Ahmad Syaikhu (kanan).

Photo :
  • Dok. PKS
'Wassalam' kalau PDIP dan PKS Juga Gabung Koalisi Prabowo, Menurut Peneliti BRIN

Pun, Sohibul menambahkan, para DPW itu juga diberi kesempatan menyampaikan suara terkait saran partai-partai mana yang kondusif untuk dijadikan koalisi PKS.

Kemudian, dia mengatakan PKS sudah memutuskan dalam musyawarah Majelis Syuro, menggaungkan Salim Segaf Aljufri menjadi tokoh nasional. "Apakah tokoh nasional PKS menjadi capres atau cawapres atau king maker?" katanya.

Terkait capres, Sohibul mengatakan tokoh yang diusung PKS tidak harus merupakan kader partai. Dia bilang PKS ingin beri pendidikan politik kepada masyarakat bahwa menjadi capres tak harus jadi kader parpol.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan Rapimnas sebagai momentum penyatuan persiapan pemenangan Pemilu 2024. Menurut dia, sisa waktu yang kurang dari dua tahun mesti diotimalkan demi meraih kemenangan di 2024.

"Rapimnas ini adalah bagian dari upaya penyatuan langkah dan strategi pemenangan Pileg dan Pilpres 2024. Kami harus memanfaatkan sisa waktu 601 hari ini dengan baik. Oleh karena itu, perlu kesatuan langkah dalam pemenangan," kata Aboe saat Rapimnas PKS di Hotel Grand Sahid Jakarta (Ant).


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya