Sekjen PDIP: Pilpres Tahun 2024 Itu Penuh Tantangan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa sang ketua umum Megawati Soekarnoputri ingin mengingatkan bahwa kader PDIP harus disiplin dalam berpolitik.
 
"Coba bayangkan saja kalau kita berdirinya tidak kokoh, kita akan mudah tergelincir, sehingga melihat pilpres tahun 2024 itu penuh tantangan," kata Hasto di sela-sela Rakernas II PDIP Tahun 2021, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni 2022.
 
Hasto mengatakan hal itu menanggapi pernyataan Megawati yang mengancam akan memecat kadernya bila melakukan manuver politik.
 
Partai membutuhkan soliditas untuk menghadapi pilpres 2024, katanya. Oleh karena itu, kedisiplinan dalam berpartai perlu ditegakkan mulai dari tingkatan paling bawah. PDIP ingin menjadi partai yang solid dan membawa perubahan meski bukan kekuatan politik mayoritas, atau sebaliknya tidak menjadi partai yang tampak besar dari luar tetapi sejatinya keropos.

PDIP Akui Terus Jalin Komunikasi dengan Parpol Lain untuk Pilgub Jakarta 2024

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP

Photo :
  • PDIP

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Dia mengingatkan, arahan dan petunjuk Megawati sudah cukup jelas bahwa semua kader harus disiplin mengikuti aturan organisasi.

Mulai Bawa Api Abadi Mrapen ke Jakarta, PDIP Siap Tarung di Pilkada 2024

Menurut dia, semua kader partai harus mengikuti aturan-aturan partai yang ada, mulai dari tahapan pemilu hingga konsolidasi. "Kita ikuti semua aturan partai yang ada, disiplin dan ikuti tahapan-tahapan pemilu, konsolidasi, konsolidasi di daerah untuk bisa bersama-sama memenangkan pemilu," ujarnya.
 
Megawati Soekarnoputri sebelumnya memberikan peringatan keras kepada seluruh kader PDIP yang melakukan manuver politik untuk pencalonan presiden pada pemilu 2024.
 
"Kalian, siapa yang berbuat manuver, keluar," kata Megawati dengan suara tinggi saat berpidato dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP Tahun 2021 di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Megawati menegaskan secara gamblang, "Tidak ada di dalam PDI Perjuangan yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver".

Namanya di Kantong Megawati untuk Pilgub Jakarta, Risma: Nanti Kalau Sudah Keluar Kantong

Dia pun meminta semua kader untuk bersabar menunggu keputusannya dalam menentukan siapa sosok yang akan menjadi bakal calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilu 2024, termasuk partai koalisi yang akan digandeng. (ant)

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui DPC PDIP Solo, sabtu, 18 Mei 2024.

Ingin Naik Kasta, Wakil Gibran Daftar Bakal Calon Wali Kota Solo

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mendaftar menjadi bakal calon Wali Kota Solo melalui PDIP pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2024