Sapi Kurban Anies di JIS Bernomor 024, Kode Nyapres?

Gubernur DKI Anies Baswedan pantau hewan kurban sebelum ke JIS.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

VIVA Politik - Sapi kurban yang diserahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat perayaan Idul Adha jadi sorotan publik. Hal ini karena sapi kurban tersebut bernomor urut 024 sehingga dipersepsikan punya kaitan dengan Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Terkait itu, pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga mengatakan, adanya persepsi yang mengaitkan nomor 024 dengan Pilpres 2024 adalah wajar saja terjadi. Sebab, menurutnya apapun hal yang dilakukan tokoh nasional masyarakat akan selalu mengaitkannya dengan politik.

"Sebagian masyarakat yang memaknai hal itu tentulah wajar. Sebab, saat ini dalam banyak hal, banyak pihak yang mengaitkan perilaku elite dengan Pilpres 2024," kata Jamiluddin, Senin 11 Juli 2022

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Menurutnya, Anies sebagai elite politik yang punya elektabilitas cukup moncer, tentu semua gerak geriknya kerap dikaitkan dengan Pilpres 2024. Apalagi nomor 024 dianggapnya pas dengan Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serahkan satu ekor sapi di JIS.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.
Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Bagi dia, dengan kondisi itu jadi wajar muncul persepsi sebagian pihak yang mengaitkan sebagai kode Anies ingin jadi capres.

"Namun, ada juga yang menganggap 024 hanyalah deret nomor yang maknanya hanya Anies yang tahu. Bisa jadi Anies secara pribadi memang menyukai nomor tersebut," jelas Jamiluddin

Meski demikian, ia menilai nomor 024 juga tak perlu terlalu jauh dikaitkan dengan Pilpres 2024. Sebab, Anies sendiri sampai saat ini belum menyatakan keinginannya menjadi capres pada Pilpres 2024.

"Sebab, berbeda latar belakang seseorang akan berpeluang berbeda pula persepsinya terhadap objek yang sama. Hal itu juga berlaku terhadap nomor 024 sapi kurban Anies. Semua itu alamiah dan tak perlu dibesar-besarkan," tuturnya.

Pun, dia menyebut soal persepsi nomor 024 itu sebaiknya dibiarkan ke masing-masing pihak. "Biarkan setiap orang memaknai nomor 024 tersebut sesuai latar belakangnya. Kita tak perlu menilai mana yang salah dan benar," ujarnya

Sebelumnya, sapi kurban berjenis limosin milik Anies Baswedan mengundang perhatian lantaran memiliki nomor khusus 024. Nomor itu yang dispekulasikan dengan Pilpres 2024.

Sapi kurban itu diserahkan Anies ke panitia kurban di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu, 10 Juli 2022.

Adapun Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria meminta agar urusan nomor sapi dikaitkan terlalu jauh dengan Pilpres 2024. Dia mengatakan tak ada penomoran khusus yang disiapkan pada hewan kurban yang diserahkan di JIS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya