Anies Mulai Fokus Capres dan Tak Akan Maju Lagi di Pilkada DKI

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Anies Baswedan memastikan tidak akan maju lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2024. Dia menyatakan lebih fokus untuk bertarung dalam ajang Pilpres 2024 sebagaimana deklarasi Partai Nadem.

Surya Paloh Tak Masalah Nasdem di Luar Pemerintahan

“Terkait bagaimana dengan Pilkada Jakarta, seperti juga peristiwa hari ini, saya merasa terhormat, merasa kagum, dengan apa yang dikerjakan Partai Nasdem, ketika ada panggilan tugas ini. Jadi, saya siap jalankan tugas ini, otomatis saya fokus untuk melaksanakan tugas yang diembankan, fokus saya di situ (Pilpres), dan itu akan menjadi perhatian full dari kami,” kata Anies di Tower Nasdem, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Anies menegaskan kesiapannya untuk menjadi calon presiden (capres) dari Partai Nasdem dan bersedia berjalan bersama partai besutan Surya Paloh itu untuk memperbaiki kondisi bangsa.

Cak Imin Terbuka Bila Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta Lewat PKB, juga Siapkan Ida Fauziah

Ketum Nasdem Surya Paloh saat deklarasikan Anies Baswedan jadi bakal capres 2024

Photo :
  • Twitter @NasDem

"Ketika Pak Surya Paloh dan Nasdem mengajak kami untuk berdampingan untuk jalan bersama, untuk memperbaiki yang kurang tuntaskan, yang belum, dan dengan ridho Allah, petunjuk, bismillah, kami terima dan siap untuk menjalankan ini semua," kata Anies.

Surya Paloh Ngaku Belum Bahas Jatah Menteri Nasdem ke Prabowo: Ada Perasaan Sungkan

Anies juga mengutip manifesto Partai Nasdem soal demokrasi dan keberagaman. Menurut mantan Menteri Pendidikan itu, manifesto itu merupakan semangat Partai Nasdem yang bertahan hingga saat ini.

"Pesan itu saya ingat dan pegang terus. Pesan ini yang saya baca terus sejak dibacakan dan saya menyaksikan. Semangat ini adalah semangat kematangan bernegara dan menomorsatukan Negara dan Republik di atas semua," katanya.

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tuntaskan yang di Jakarta

Anies menuturkan, masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta tersisa dua pekan lagi, tepatnya 16 Oktober 2022. Dia mengatakan akan menuntaskan jabatan tersebut hingga akhir meskipun masih banyak kekurangan.

"Izinkan kami tuntaskan yang di Jakarta, dan tuntaskan tugas oleh rakyat Jakarta, dan kembalikan rakyat Jakarta datang tampak muka, dan sesudah itu kami langsung bersiap membangun kolaborasi yang solid yang diamanahkan oleh Partai Nasdem untuk negeri ini. Insyaallah yang menjadi cita-cita kita bisa tercapai. Begitu niat langsung jadi, apa yang diinginkan semoga terjadi," kata Anies. 

"Sekali lagi dengan kerendahan hati dan memohon doa dengan berharap ridho petunjuk insyaallah, perjalanan ini tidak menjadi perjalanan yang berat dan diingat," imbuhnya.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat umumkan bakal capres 2024.

Photo :
  • YouTube Nasdem TV

Karakter bangsa

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyebut, Anies merupakan sosok capres terbaik dari yang terbaik. Hal itu disampaikan Paloh saat mendeklarasikan Anies sebagai capres 2024.

"Akhirnya, Nasdem melihat seorang sosok Anies Baswedan," kata Paloh saat mengumumkan Anies Baswedan.

Paloh menuturkan, jika Anies terpilih, maka partainya menitipkan pesan untuk membangun karakter bangsa. Bagi Nasdem, pembangunan infrastruktur merupakan hal penting, tapi tidak kalah penting adalah membangun karakter bangsa.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," kata Paloh disambut tepuk tangan elite dan kader Partai Nasdem. Mengenai Cawapres, Paloh menyerahkan penuh pada pilihannya nanti. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya