Sindir Moeldoko Cs, Loyalis AHY: Upaya Gagalkan Anies dan Obok-obok Demokrat

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Ratusan kader pengurus Demokrat Banten mendatangi kantor pengadilan untuk meminta perlindungan hukum. Mereka tak ingin Partai Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY diganggu oleh Moeldoko Cs.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Para pengurus DPC sengaja mendatangi Pengadilan Negeri (PN) di wilayahnya masing-masing. Lalu, untuk pengurus DPD, mereka datangi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang dengan berjalan kaki.

"Kita bersurat ke PTUN, bahwa empat novum atau bukti baru yang dibawa Moeldoko itu adalah tidak benar. Semua merupakan bukti lama yang sudah kalah di pengadilan," kata Sekretaris DPD Demokrat Banten, Eko Soesilo, di PTUN Serang, Selasa, 4 April 2023.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Tim hukum DPP Partai Demokrat, Mehbob

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dia mengingatkan ke kader agar jangan sampai Moeldoko bisa mengkudeta Demokrat di bawah kepemimpinan AHY. Eko menegaskan, Demokrat era AHY sudah berada di jalur yang benar dan memenangkan peradilan yang berkekuatan hukum.

Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Anies Bungkam karena Takut Dibilang Geer

"Untuk memastikan langkah perampok partai ini adalah sia-sia, karena yang sah secara hukum adalah Mas AHY, bukan Moeldoko," ujarnya.

Menurut dia, manuver Moeldoko yang mengajukan peninjauan kembali atau PK diduga untuk menggagalkan dukungan Demokrat ke Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Dia mengatakan demikian karena melihat waktu pengajuan PK pada 3 Maret 2023.

Dia bilang waktu pengajuan PK oleh Moeldoko Cs dilakukan setelah Demokrat bersama AHY secara resmi mendukung Anies untuk maju di Pilpres 2024.

Pun, dia menegaskan seluruh kader di Banten tak pernah goyah mendukung AHY sebagai Ketua Umum. Selain itu, kader di Banten juga mendukung pencalonan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Ini merupakan upaya mereka menggagalkan Anies. Upaya mereka mengobok-obok Demokrat," kata Kepala Badan Hukum dan Pengamanan Partai (BPHPP) Demokrat Banten Muhamad Yusuf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya