Posting Foto Bareng Moeldoko, Legislator DPRD Nganjuk Kader Partai Demokrat Dipecat

Ilustrasi Partai Demokrat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA Politik – Kader Partai Demokrat yang kini menjadi anggota DPRD Nganjuk, Mohammad Fauzi, dipecat dari keanggotaan partai gara-gara memosting foto bersama Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), di media sosial.

Politisi Demokrat Debby Kurniawan Daftar Jadi Bacabup Lamongan ke PKB, Ini Alasannya

Aksi posting foto itu mungkin dinilai pelanggaran fatal karena, sebagaimana diketahui, Moeldoko adalah figur yang dianggap kubu AHY coba merebut Demorat.

Berdasarkan foto surat yang dilihat Viva Jatim pada Senin, 1 Mei 2023, surat pemecatan anggota DPRD Nganjuk itu dikeluarkan DPP Partai Demokrat yang tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor 33/SK/DPP.PD/IV/2023 Tentang Pemberhentian Tetap Sebagai Anggota Partai Demokrat Kepada Saudara Mohammad Fauzi Irwana, SE.

Daftar Lewat Partai Demokrat, Mantan Dubes Turki Lalu Iqbal Maju Pilgub NTB

Partai Demokrat.

Photo :
  • Nur Faishal/ VIVA.

Surat ditandatangani Ketum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal partai tersebut, Teuku Riefky Harsya, pada 17 April 2023.

Rampung Lebih Cepat, Gedung DPRD Gunungkidul yang Habiskan Rp36 M Bisa Dipakai Bulan Juli

Dalam surat itu, DPP Fauzi dipecat dari keanggotaan partai karena dinilai mendukung Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD). Postingan foto bersama KSP Moeldoko di akun sosial milik Fauzi dijadikan indikator.

Dalam surat itu pula, ada tiga poin keputusan yang dikeluarkan oleh DPP Demokrat terhadap Fauzi. Pertama, memberhentikan tetap terhadap Mohammad Fauzi Irwana sebagai anggota Demokrat.

“Mencabut Kartu Anggota Partai Demokrat Saudara Mohammad Fauzi Irwana, SE. dan dinyatakan tidak berlaku lagi,” tulis surat tersebut.

Ketiga, “Dengan diberhentikan tetap dan dicabutnya keanggota Partai Demokrat Saudara Mohammad Fauzi Irwana SE., maka hak-hak dan kewajiban yang bersangkutan sebagai anggota Partai Demokrat tidak berlaku lagi.”

Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPD Demokrat Jatim, Mugianto, membenarkan ketika dikonfirmasi soal pemecatan DPP terhadap Fauzi tersebut. Namun dia ogah menjelaskan secara rinci.

“Benar,” katanya dihubungi wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya