Bertemu Hamzah Haz, Cak Imin Mengaku Dapat Doa agar Jadi Presiden

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di kediaman Hamzah Haz
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku mendapatkan doa untuk memuluskan jalannya untuk menjadi Presiden RI 2024. Doa itu diperoleh Cak Imin saat menemui Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz di kediamannya di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 11 Mei 2023. 

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

"Hari ini, saya bersilaturahmi, halal bihalal. Saya nanya terus terang dengan beliau, gimana caranya biar jadi presiden, saya dikasih doanya," kata Cak Imin kepada wartawan, Kamis, 11 Mei 2023.

Selain diberikan doa untuk menjadi presiden, Cak Imin turut mendengarkan nasihat-nasihat dari Hamzah Haz yang juga merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Kata dia, Hamzah Haz banyak bercerita mengenai perjalanannya mulai dari menjadi pejuang NU, masuk ke parlemen hingga menjadi wakil presiden (wapres).

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tiba di kediaman Hamzah Haz

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

"Tentu banyak yang saya dapatkan terutama nasihat-nasihat politik, pengalaman Pak Hamzah Haz sebagai pejuang NU, pejuang politik sampai di parlemen sampai akhirnya jadi wapres," ujarnya.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Cak Imin menjelaskan, doa, nasihat maupun kiat-kiat yang diberikan Hamzah Haz kepadanya akan diamalkan dalam perjalanan menuju Pilpres 2024. "Saya dikasih perjuangan dan cara-caranya, insya Allah saya akan amalkan," kata Cak Imin.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dijadwalkan mengunjungi wakil presiden ke-9 RI sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama Hamzah Haz, pada Kamis pagi, 11 Mei 2023, di Jakarta, untuk membahas dinamika Pemilu 2024.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bidang Komunikasi dan Informasi Ahmad Iman Sukri mengatakan bahwa Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, ingin meminta nasihat politik dari Hamzah Haz yang pernah menduduki posisi wakil presiden.

"Cak Imin minta nasihat politik dari mantan wapres Pak Hamzah Haz karena Pak Hamzah Haz ini mantan Ketua Umum PPP yang fenomenal pernah jadi wapres, politisi reformasi Islam-lah," ujar Ahmad di Jakarta, Rabu malam, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Menurut dia, Cak Imin merasa perlu mendapatkan masukan sekaligus menimba pengalaman dari Hamzah Haz. Mereka juga akan berdiskusi tentang perkembangan politik saat ini, terutama menjelang Pemilu 2024, agar pemilu berjalan secara damai dan demokratis.

Hal ini mengingat beberapa lembaga survei menyebut Cak Imin merupakan bakal calon wakil presiden (cawapres) paling potensial. Salah satunya hasil survei terbaru PolMark Research Center (PRC)-PolMark Indonesia yang menempatkan Cak Imin berjejer di urutan kelima sebagai kandidat calon presiden (capres) secara nasional dengan perolehan 4,8 persen di bawah Ridwan Kamil yang mendapatkan 5,2 persen.

"Tentu terkait juga dengan cawapres. Cak Imin terakhir survei PolMark di Jawa Timur sebagai cawapres yang paling tinggi," ujarnya.

Untuk di wilayah Jawa Timur, Cak Imin menempati posisi teratas dengan 11,5 persen, mengungguli Khofifah Indar Parawansa dengan 5,8 persen, Ridwan Kamil 1,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,8 persen, Puan Maharani 1,5 persen, dan sejumlah nama lainnya di bawah 1 persen. "Jadi, memang perhitungan Cak Imin ini, pertama, karena ketua umum partai politik. Kedua, representasi NU," kata Ahmad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya