Lusa, Cak Imin Pimpin Langsung Pendaftaran Caleg ke KPU RI

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di kediaman Hamzah Haz
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Sabtu, 13 Mei 2023. Sejumlah elite PKB termasuk Cak Imin akan memimpin langsung pendaftaran tersebut.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"(Pendaftaran bacaleg PKB) Sabtu, saya Sabtu sore ya," kata Cak Imin kepada wartawan usai menemui Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Kamis, 11 Mei 2023.

Hakim MK Singgung Sirekap KPU di Sidang Sengketa Pileg 2024: Alat Bantu Malah Mengacaukan

Cak Imin enggan membeberkan lebih lanjut rencana pendaftaran itu. Termasuk tidak mengungkap berapa jumlah bakal caleg PKB yang akan didaftarkan lusa esok. 

Sementara sejauh ini, sudah lima partai politik (parpol) yang mendaftarkan calegnya ke KPU RI. Lima partai tersebut di antaranya PDI Perjuangan (PDIP) dengan total 580 orang bacaleg, yang terdiri dari kalangan petahana (sudah menjadi wakil rakyat atau anggota DPR RI), akademisi dan purnawirawan atau pensiunan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri.

Hakim Suhartoyo Kritik Ketua KPU soal Pemilihan Firma Hukum

Kemudian, ada Partai Hanura yang mendaftarkan 580 bacaleg di 84 daerah pemilihan (dapil) ke KPU RI. Lalu, Partai Ummat yang mendaftarkan 580 bacaleg di 84 dapil, ada beberapa tokoh 212 juga yang didaftarkan salah satunya Habib Muchsin Alatas. 

Selanjutnya, Partai Garuda dengan total 582 bacaleg yang didaftarkan. Terakhir ada Partai Nasdem yang juga telah mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI. Beberapa bacaleg Nasdem yang didaftarkan yakni Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) dan Johnny G Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika). 

Johnny Plate akan mendaftar untuk daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) I, sementara Syahrul Yasin Limpo akan mendaftar di daerah pemilihan Sulawesi Selatan I.

Selain itu, ada sejumlah artis juga yang ikut didaftarkan Nasdem sebagai bacaleg, mereka antara lain penyanyi Reza Artamevia untuk daerah pemilihan Banten III, pembawa acara Choky Sitohang untuk daerah pemilihan Jawa Barat VI, dan penyanyi Anisa Bahar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya