Mobil Dinas Gubernur Sumbar Diusir Bawaslu saat Pendaftaran Caleg PKS

Ketua DPW PKS Sumbar Mahyeldi memimpin rombongan pendaftaran caleg PKS di Sumbar
Sumber :
  • tvOne/Wahyudi Agus

VIVA Politik – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat berikan teguran lisan saat rombongan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW-PKS) Sumbar mendaftar ke Komisi Pemilhan Umum (KPU) Sumbar di Jalan Pramuka Raya, Padang, Senin lalu, 8 Mei 2023.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Waktu pendaftaran tersebut, usai rombongan utama DPW-PKS masuk ke gedung KPU, tiba-tiba datang juga kendaraan Gubernur Sumbar, Mahyeldi yang juga Ketua DPW-PKS Sumbar.

Ketika berada di depan gedung KPU tersebut, langsung ditegur anggota Bawaslu Sumbar, Bagian Pengawasan, Eliyanti dan Nurhaida Yetti.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Eliyanti mempertanyakan pada Mahyeldi, kenapa harus membawa kenderaan dinas dalam melakukan pendaftaran. Eliyanti juga mengambil sikap pengawasan, dengan 'mengusir' kendaran bernopol BA 1 tersebut untuk meninggalkan KPU, karena tidak duperbolehkan dalam aturan, termasuk juga ASN yang berpakaian dinas. 

"Sesuai dengan tugas kami untuk melakukan pencegahan dan penindakan, maka kami tadi sudah melakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran, maka kita suruh pergi dari lokasi ini," terang Eliyanti bersama Nurhaida Yetti. 

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Rombongan DPW PKS Sumbar mendaftar caleg ke KPU Sumbar

Photo :
  • tvOne/Wahyudi Agus

Dia juga menambahkan, sebelum melakukan pengusiran sudah menanyakan pada Mahyeldi, mengapa harus pakai kendaraan dinas untuk ke kantor KPU saat mendaftar.

"Kami tadi juga sudah bertanya pada ketua DPW PKS Mahyeldi kenapa pakai kendaraan dinas, namun ia tidak bisa menjawab, dan akhirnya menyuruh kendaraan tersebut tidak berbalik lagi ke KPU," tambah Eliyanti. 

Eliyanti menegaskan, kejadian itu jangan sampai terulang lagi, karena itu bagian dari pelanggaran. Dia juga menghimbau agar partai lainnya juga tidak melakukan pelanggaran dengan membawa kenderaan dinas, dan ASN yang mempergunakan pakaian dinas. 

Sebelumnya, Mahyeldi selaku Ketua DPW PKS Sumbar datang ke KPU menggunakan kendaraan milik DPW PKS Sumbar yang diiringi oleh 8 unit angkutan kota berwarna orange. Namun entah kenapa, tak lama muncul kendaraan dinas gubernur BA 1 plat merah.

"Mobil itu datang untuk menjemput Buya Mahyeldi usai mendaftar karena hendak melanjutkan tugas sebagai gubernur, makanya mobil itu datang menjemput. Tapi karena ditegur KPU mobil tersebut langsung pergi," ujar salah seorang yang melihat kejadian waktu itu namun enggan dituliskan namanya.

Disisi lain, pendaftaran Calon Anggota Legislatif dari PKS Sumbar hari itu berjalan lancar, semua bahan-bahan pendaftaran mereka sudah diterima oleh panitia pendaftaran KPU Sumbar.  

Laporan: Wahyudi Agus/tvOne Sumbar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya