Sindir Menteri Jokowi yang Nyaleg, AHY: Amanat Belum Selesai, Kecuali Resign

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.
Sumber :
  • Twitter AHY @AgusYudhoyono

VIVA Politik - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyindir para menteri Kabinet Indonesia Maju yang maju jadi bakal calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024. Dia mengingatkan agar para menteri bisa menjalankan amanat sebaik-baiknya.

Ribuan Warga Israel Unjuk Rasa di Ibu Kota, Minta Netanyahu Bebaskan Sandera

AHY menyampaikan maju jadi caleg memang merupakan hak setiap orang. Namun, dia bilang mesti paham amanat tugas yang saat ini jadi tanggungjawab dan tak bisa diabaikan.

"Sekali lagi setiap warga negara punya hak untuk memilih dan juga hak untuk dipilih. Tapi, kami tentunya berharap bermohon kepada bapak ibu yang saat ini tengah mengemban amanat rakyat secara bijak untuk tetap menjalankan tugas-tugasnya, baik di pemerintah, juga di sektor-sektor lainnya, termasuk di legislatif," kata AHY di kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu, 14 Mei 2023.

Partai Gelora Tolak PKS, Partai Koalisi Serahkan Keputusan Akhir di Prabowo Subianto

Namun, dia mengatakan, jika para menteri itu bertekad ingin maju menjadi caleg dan kinerjanya tak terganggu maka lebih baik mundur dari jabatannya. AHY mengingatkan tugas sebagai menteri akan berakhir hingga Oktober 2024 nanti.

"Karena sekali lagi amanat ini belum selesai, kecuali sudah menyatakan saya resign hari ini karena saya mau nyaleg. Oke, fair gentleman. Bagus," jelas AHY.

Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Pun, dia meminta agar menteri yang nyaleg bisa jaga netralitasnya. Dengan mundur dari menteri maka dikhawatirkan tak menggunakan aset negara untuk kepentingan pribadi, apalagi kelompok.

"Jangan sampai ada aset negara atau ada instrumen negara, yang digunakan tanpa sadar atau dengan sadar untuk kepentingan politik praktisnya," kata AHY.

Untuk diketahui, saat masa pendaftaran bakal caleg Pemilu 2024, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju memastikan daftar menjadi bakal caleg untuk Pemilu 2024. Beberapa nama menteri yang nyaleg berlatar belakang pernah jadi anggota DPR.

Mereka antara lain, Zulkifli Hasan yang merupakan Menteri Perdagangan dari PAN, Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan dan Abdul Halim Iskandar yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dari PKB.

Selain itu, Afriansyah Noor yang menjabat Wakil Menteri Ketenagakerjaan dari Partai Bulan Bintang (PBB). Selanjutnya, ada Angela Tanoesoedibjo yang saat ini jabat Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Partai Perindo. 

Kemudian, ada Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dari PDIP. Lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johny Plate dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari Nasdem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya