Survei: Prabowo Unggul di Pemilih Islam Sebanyak 34,6 Persen

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA PolitikKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul di kantong pemilih Islam untuk Pemilu Presiden 2024. Sedangkan, Ganjar Pranowo berada posisi runner up dan Anies Baswedan ada di posisi buncit untuk dipilih pemilih muslim. Hal itu terungkap berdasarkan hasil survei LSI Denny JA pada 3-14 Mei 2023.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan Prabowo unggul di pemilih Islam dibanding kedua calon presiden pada Pemilu 2024. Di pemilih Islam, dukungan kepada Prabowo sebesar 34,6 persen; dukungan Ganjar sebesar 31,2 persen; dan dukungan kepada Anies sebesar 21,6 persen.

“Sementara di pemilih non Islam, Ganjar mengungguli kedua capres lainnya,” kata Adjie dalam keterangannya pada Jumat, 19 Mei 2023.

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani

Pertemuan Prabowo Subianto-Persatuan Purnawirawan (PP) Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian, Adjie mengatakan Prabowo juga unggul di kalangan pemilih yang tinggal di desa. Di pemilih desa, dukungan terhadap Prabowo mencapai 34,8 persen; dukungan kepada Ganjar sebesar 31,2 persen; dan dukungan kepada Anies sebesar 18,3 persen.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

“Sementara di pemilih yang tinggal di perkotaan, Ganjar mengungguli Prabowo dan Anies,” ujarnya.

Di kalangan pemilih muda dan lansia, Prabowo dan Ganjar saling mengalahkan. Kalangan pemilih muda di bawah 40 tahun, maupun di pemilih usia dewasa muda 40-49 tahun, Prabowo mengungguli Ganjar.

Sementara di pemilih usia lansia, Ganjar ungguli Prabowo. Di pemilih lansia, Ganjar memperoleh dukungan sebesar 38,3 persen; Prabowo memperoleh dukungan sebesar 33 persen, dan Anies memperoleh dukungan sebesar 17,9 persen.

Untuk kalangan pemilih kelas ekonomi wong cilik, Prabowo dan Ganjar bersaing ketat. Prabowo memperoleh dukungan sebesar 34,8 persen; sementara Ganjar memperoleh dukungan sebesar 33,0 persen.

“Sementara di pemilih ekonomi mapan, Prabowo bersaing ketat dengan Anies. Prabowo dan Anies sama-sama memperoleh dukungan 31,7 persen. Di kelas ekonomi menengah, Prabowo ungguli Ganjar maupun Anies,” jelas dia.

Di kantong pemilih kelompok terdidik (lulusan D3 ke atas), Adjie menyebut Anies mengungguli Prabowo dan Ganjar. Anies memperoleh dukungan sebesar 33,7 persen; Ganjar memperoleh dukungan sebesar 27,2 persen; dan Prabowo memperoleh dukungan sebesar 25,6 persen.

Menhan Prabowo Subianto saat memberikan pembekalan ke Satgas PR 330/Tri Dharma

Photo :
  • Antara

“Namun di pemilih berpendidikan rendah, Prabowo mengungguli Ganjar dan Anies,” ungkapnya.

Selanjutnya, Adjie mengatakan Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies di kalangan pemilih perempuan. Menurut dia, Ganjar memperoleh dukungan sebesar 30,6 persen; dukungan ke Prabowo sebesar 27,6 persen; dan dukungan ke Anies sebesar 21,5 persen.

“Sementara di pemilih laki-laki, Prabowo unggul dibanding Ganjar dan Anies,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya