Cerita Anies Lakukan Perjalanan Selama Ramadan, Dengar Suara Rakyat Tanpa Kamera

Bacapres Anies Baswedan temui relawan
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengaku banyak bertemu dengan masyarakat di berbagai daerah selama bulan Ramadan lalu. Anies menyebut kegiatannya itu sebagai tirakat atau perjalanan untuk mendengar suara masyarakat.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Hal tersebut disampaikan Anies saat menghadiri acara Temu Kebangsaan Relawan Anies Baswedan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 21 Mei 2023. Ribuan relawan pendukung Anies hadir dalam acara tersebut. 

"Di bulan Ramadan kemarin, saya melakukan perjalanan yang saya sebut dengan tirakat, perjalanan untuk mendengar, menyerap, merasakan suasana terkini di masyarakat kita," kata Anies Baswedan di depan ribuan relawan, Minggu, 21 Mei 2023.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Anies mengklaim dirinya datang menemui warga tanpa ada satupun kamera dan media yang ikut serta. Kata dia, banyak masyarakat di berbagai daerah yang tidak mengenali dirinya sebagai Anies Baswedan.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

"Saya datang ke banyak tempat, tanpa kamera, tanpa media, tanpa ditemani siapa-siapa. Masuk ke warung, tau-tau yang punya warung ngeliatin. Ini seperti kenal, tapi siapa," ujarnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyebut dirinya melakukan tirakat bukan untuk pencitraan di media sosial. Melainkan untuk mendengarkan suara, keluhan hingga masalah yang dihadapi masyarakat saat ini.

"Saya ngobrol dengan masyarakat, saya mendengar dan saya temui mereka bukan untuk selfie dan posting. Saya bukan lari-lari untuk posting foto, saya lagi mendengarkan suara mereka," jelas Anies.

Seperti diketahui, Anies Baswedan telah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pilpres 2024 oleh Partai Nasdem. Setelahnya, dukungan terhadap Anies juga diberikan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergabung bersama Nasdem dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya