Jelang Pemilu 2024, Gerindra Angkat Eks Komisioner Komnas HAM Jadi Jubir

Mantan komisioner Komnas HAM RI, Munafrizal Manan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Politik - Partai Gerindra sudah meresmikan kantor Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024. Peresmian itu langsung diresmikan Ketua Harian sekaligus Ketua Bappilu DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Dalam kesempatan itu, Dasco mengangkat Munafrizal Manan sebagai juru bicara (jubir) Gerindra. Dengan rekam jejaknya, Munafrizal dipilih sebagai Jubir bidang HAM dan Konstitusi. Hal ini sesuai dengan pengalaman Munafrizal yang pernah jadi Anggota Komnas HAM.

"Bappilu Gerindra mengangkat mantan komisioner Komnas HAM periode lalu Munafrizal sebagai Juru Bicara bidang HAM dan Konstitusi," kata Dasco kepada awak media, Selasa, 30 Mei 2023.

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • DPR RI

Dasco menyampaikan pemilihan Munafrizal sebagai jubir bidang HAM dan Konstitusi sudah benar. Alasannya, kata figur Munafrizal yang juga aktif 1998 itu punya pengalaman sebagai peneliti HAM. Selain itu, yang bersangkutan juga lama bekerja di Mahkamah Konstitusi (MK).

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

"Dan juga peneliti HAM tentu paham semua aspek soal penghormatan, perlindungan, pemenuhan, pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia," lanjut Dasco yang juga Wakil Ketua DPR RI tersebut.

Pun, Dasco menilai kemampuan Munafrizal secara akademis juga bagus karena mengenyam pendidikan di luar negeri.

"Selain itu Munafrizal juga lama bekerja di Mahkamah Konstitusi, tesis beliau di Melbourne University juga terkat HAM dan Konstitusi," tutur Dasco.

Kemudian, Dasco berharap dengan bergabungnya Munafrizal maka melengkapi deretan jubir lainnya yang sudah ditunjuk sebagai persiapan hadapi Pemilu 2024. "Tentu dapat melengkapi juru bicara saat ini," ujar Dasco.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya