Hasto Kristiyanto Bicara Kemungkinan PDIP Bertemu dengan PKB

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi keterangan kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Jumat siang, 2 Juni 2023.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Hasto mengatakan hal itu hanya sebatas pertemuan tertutup sebelum melalukan pertemuan secara formal. Dia juga mengatakan sama seperti PDI Perjuangan yang bertemu dengan PAN.

"Dalam konteks pemilu 2024, ini adalah pertemuan yang pertama yang kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan informal terlebih dahulu kurang lebih tiga kali, baru kemudian kita atur pertemuan secara resmi sebagaimana hari ini dilakukan," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Juni 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin)

Photo :
  • DPR RI

"Sama dengan Partai Amanat Nasional. Sebelumnya secara tertutup kami bertemu dengan Pak Eddy Soeparno dua kali kemudian bertemu dengan pak Zulkifli Hasan satu kali," katanya.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Hasto menegaskan, setelah dirinya menemui Cak Imin, akan ada kemungkinan PDI Perjuangan bertemu dengan PKB untuk melakukan pertemuan secara formal.

"Ya (kemungkinan PDIP bertemu dengan PKB) ini baru dilakukan pertemuan-pertemuan yang cukup intens karena tahapannya seperti itu. Setelah penetapan bakal daftar calon sementara anggota legislatif maka pergerakan di dalam membangun kerja sama politik itu secara intens dilakukan oleh PDI Perjuangan, Mbak Puan Maharani ditugaskan kemudian kami ditugaskan untuk membantu," kata Hasto.

Kendati demikian, Hasto tidak menjelaskan secara rinci soal kemungkinan pertemuan antara PDIP dan PKB itu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Bakal Capres Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Dok. PAN

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagaimana dikonfirmasi oleh Wakil Bendahara Umum PKB Bambang Susanto. "Tadi siang abis Jumatan jadi Pak Hasto ditemani Pak Aryo Bimo ke DPP PKB," kata Bambang.

Bambang mengatakan belum ada kesepakatan terkait koalisi dari pertemuan itu, mereka hanya melakukan pertemuan terbatas.

"Belum (koalisi bareng) jadi masih silaturahim, masih diskusi terbatas. Ini kan diskus yang tidak bersifat rombongan besar, jadi ini kan hanya diskusi terbatas Pak Hasto datang ke DPP PKB ada Pak Muhaimin ya ngobrol aja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya