Megawati: Kami Bukan Sombong, Kami Terbuka jika Partai Ingin Bergabung

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa partainya sangat terbuka jika ada partai politik yang ingin bergabung membangun kerja sama dan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Kami ini bukan sombong: jadi, kalau ditanya, partai-partai apakah mau juga ke PDIP, kami ya terbuka saja," kata Megawati di kantor pusat PDIP, Jakarta, Jumat, 2 Juni 2023.

Megawati juga menyebut fokus PDIP sekarang hanya pemenangan pemilu untuk Ganjar Pranowo. Dia juga menyebut partainya selalu berlandaskan dengan ideologi Pancasila.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Zulkifli Hasan, Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani

Photo :
  • Humas PDIP

"Saya sebagai kader dan petugas partai mendapatkan tugas untuk dalam rangka pemilu ini memenangkan PDI Perjuangan. Tapi saya yang mendapat penugasan itu karena kami berideologi Pancasila, maka tadi saya katakan kami selalu membuka diri kepada teman-teman dari lain partai kalau ingin bekerja sama dengan kami," kata Megawati.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Para petinggi PAN mendatangi kantor pusat di Jakarta. Sang ketua umum Zulkifli Hasan alias Zulhas hadir ditemani sejumlah petinggi PAN, di antaranya Wakil Ketua Umum Viva Yoga Mauladi, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Bendahara Umum Totok Daryanto, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, dan Eko Patrio.

Tampak hadir juga beberapa pejabat teras PDIP, misalnya Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, Ketua Djarot Syaiful Hidayat, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Ketua Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adiyanto dan Gubernur Jawa Tengah sekaligus bakal calon presiden, Ganjar Pranowo.

Dalam pertemuan dengan PDIP itu, PAN mengaku akan membahas seputar kerja sama politik dan calon presiden. Namun, setelah itu juga, PAN akan mendiskusikan dengan internalnya untuk kelanjutan dari pertemuan dengan PDIP.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PAN Zulkifli hasan.

Photo :
  • Dok. PAN

PDIP sudah mendeklarasikan kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. PPP mengikuti langkah PDIP sudah mendukung Ganjar. Selain itu, ada parpol nonparlemen seperti Hanura dan PSI yang juga deklarasikan Ganjar jadi bakal capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya