Enggan Ungkap Waktu Pengumuman Cawapres, Anies Baswedan: Masih Panjang

Anies Baswedan ikut saksikan ajang balap mobil listrik Formula E 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA Politik – Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan telah mengantongi satu nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya maju pada Pilpres 2024. Namun, nama cawapres itu nyatanya tak akan diungkapkan dalam waktu dekat.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

Anies mengatakan, masih ada proses panjang yang harus dilalui sebelum dirinya mengumumkan nama cawapres itu.

"Sudah ada (nama cawapres), tapi masih panjang," ucap Anies kepada wartawan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 3 Juni 2023.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menonton Formula E

Photo :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Saat ditanya apakah sosok cawapresnya itu berasal dari Jawa Timur, Anies menjawab dengan gurauan. Ia mengatakan cawapresnya berasal dari Indonesia. 

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Dari Indonesia," katanya sambil tertawa.

Dalam kesempatan itu, Anies juga enggan membocorkan apakah sosok cawapresnya itu merupakan laki-laki atau perempuan. Ia hanya menegaskan bahwa cawapresnya hanya satu. 

"Kan sudah dibilang, cawapresnya satu. Ya memang satu, nggak mungkin cawapresnya dua," tutup Anies. 

Sebelumnya diberitakan, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) besutan Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anies Baswedan akan mengumumkan bakal calon wakil presiden (cawapres) paling lambat 16 Juli 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya. Kata Willy, sudah ada satu nama bakal cawapres Anies Baswedan yang telah diputuskan Tim 8 KPP.

"Tangga 16 Juli 2023 deadline, waktu yang kita tetapkan deklarasi semuanya. Tapi, kalau ada waktu yang lebih presisi sebelum itu akan lebih bagus ya," kata Willy kepada wartawan di Nasdem Tower, Jumat, 2 Juni 2023.

Willy menjelaskan, keputusan nama bakal cawapres dari tim 8 itu telah disampaikan Anies Baswedan ke Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat bertemu di Pacitan, Jawa Timur. 

Kemudian, hari ini, Jumat, 2 Juni 2023, Anies juga menyampaikan keputusan tim 8 terkait dengan sosok bakal cawapres itu ke Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Cawapres itu sudah kita putuskan di tim 8 jadi 1 nama iya, dan kemarin Mas Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim 8 ke Pak SBY dan Mas AHY, hari ini ke Pak Surya Paloh, nanti ke Presiden PKS dan Habib Salim," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya