Survei LSI Denny JA: Prabowo Menang Mudah dari Ganjar Jika Anies Tak Dapat Tiket Pilpres 2024

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA PolitikKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto  dinilai akan mudah menang melawan Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2024. Namun, Prabowo bisa unggul apabila Anies Baswedan tidak mendapatkan tiket untuk maju sebagai calon presiden.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Diketahui, Anies Baswedan saat ini didukung dan diusung sebagai bakal Capres 2024 oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam kerja sama politik bernama Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, melakukan survei lagi dengan metode multistage random samplong terhadap 1.200 responden pada 3-14 Mei 2023, melalui teknik pengumpulan data wawancara tatap muka dan margin error +/- 2,9 persen.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Direktur CPA LSI Denny JA, Ade Mulyana mengatakan apabila Anies Baswedan tidak ikut dalam kontestasi Pemilu 2024, maka cuma ada dua kandidat saja nantinya atau head to head antara Prabowo dengan Ganjar.

“Yang mengalahkan Anies bukan suara rakyat di Tempat Pemungutan Suara (TPS), tapi yang mengalahkan Anies Baswedan adalah ketuk palu Mahkamah Agung (MA). Anies tersisih bukan karena kalah suara di hari pilpres, tapi karena ia gagal mendapatkan tiket calon presiden 2024,” kata Ade di Jakarta pada Senin, 5 Juni 2023.

Partai Gelora Tak Sudi Jika PKS Gabung Prabowo, Begini Penjelasan Fahri Hamzah

Menurut dia, Prabowo akan menang apabila head to head dengan Ganjar pada Pemilu 2024 dengan selisih 7,2 persen. Sebab, kata dia, elektabilitas Prabowo sebesar 50,4 persen, elektabilitas Ganjar sebesar 43,2 persen. “Sebesar 6,4 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab,” ujarnya.

Ia mengatakan posisi dukungan calon presiden tertutup tiga nama, yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies, maka Prabowo unggul tipis dengan 33,9 persen. Kemudian, Ganjar di angka 31,9 persen dan Anies sebesar 20,8 persen. 

“Prabowo menang dengan selisih 2,0 persen saja di atas Ganjar. Kemenangan Prabowo atas Ganjar lebih telak ketika head to head. Selisih kemenangan Prabowo atas Ganjar naik, dari selisih 2,0 persen menjadi selisih 7,2 persen,” jelas dia.

Ade mengungkap kenapa terjadi peningkatan elektabilitas Prabowo ketika head to head dengan Ganjar, salah satunya karena  migrasi pemilih Anies yang tak berimbang. Diprediksi, kata dia, mayoritas pendukung Anies lebih banyak berpindah ke Prabowo dibanding migrasi ke Ganjar.

“Sebesar 50,8 persen pendukung Anies, berpindah ke Prabowo. Sementara, pendukung Anies yang berpindah ke Ganjar hanya separuhnya yaitu 25,4 persen,” ungkapnya.

Keunggulan Prabowo

Pertemuan

Photo :
  • 1482853

Ade menyebut kemenangan Prabowo atas Ganjar paling tinggi di segmen pendapatan dibawah Rp2 juta perbulan. Di segmen ini, kata dia, Prabowo elektabilitasnya mencapai 51,4 persen; Ganjar di segmen ini elektabilitasnya sebesar 41,4 persen.

Selanjutnya, kata dia, Prabowo menang di segmen pendidikan tamat SD ke bawah, dan pendidikan tamat D3 keatas. Ganjar menang di segmen pendidikan tamat SMP sederajat, dan SMA sederajat. 

“Kemenangan Prabowo atas Ganjar paling tinggi di segmen tamat SD kebawah. Prabowo mencapai 56,4 persen; Ganjar di segmen ini hanya sebesar 37,1 persen. Kemenangan Ganjar atas Prabowo paling tinggi di segmen tamat SMA sederajat. Ganjar mencapai  47,7 persen. Prabowo memperoleh  45,4,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya