Nasdem ke Demokrat: Tak Usah Cawe-Cawe, Cawapres Serahkan Anies

Bakal capres Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali meminta agar Partai Demokrat tidak menekan anggota Koalisi Perubahan dan Persatuan, termasuk Anies Baswedan, terkait sosok calon wakil presiden. Nasdem meminta agar Demokrat sepenuhnya menyerahkan soal cawapres kepada Anies. 

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Demikian disampaikan Ahmad Ali merespons pernyataan Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief yang mengultimatum akan mengevaluasi dukungan jika Anies Baswesan tidak kunjung mendeklarasikan cawapres pada bulan Juni ini. 

"Kita harus jaga kekompakan, melakukan konsolidasi, tidak usah cawe-cawe, cawapres biarkan Anies, mandat sudah diserahkan kepada dia," kata Ahmad Ali dikutip awak media, Selasa, 6 Juni 2023. 

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Ahmad Ali juga menyoroti sikap Andi Arief yang kerap menyinggung soal deklarasi. Terlebih, gimik Andi Arief saat memberi pernyataan soal cawapres seakan memberi tekanan terhadap Anies Baswedan dan anggota KPP lainnya.

Wakil

Photo :
  • 1290744
Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

"Tapi kalau selalu memberikan tekanan seperti itu, justru orang kemudian akan melihat bahwa ini semacam satu ancaman, tekanan. Padahal di koalisi itu tidak ada limitasi waktu kan untuk melaksanakan harus mendeklarasikan pasangan itu," ujarnya. 

Ali pun mengigatka Andi Arief agar tunduk pada keputusan Ketum Umum (Ketum) yang tertuang di piagam kerja sama. Sebab, lanjut Ali, justru sikap seperti Andi Arief yang bisa menurunkan elektabilitas Anies dan partai pengusungnya.

"Pak Andi harusnya memegang teguh apa yang ditandatangani, yang disepakati oleh Ketumnya di piagam koalisi," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya