AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar, Bisa Jadi 'Jebakan Batman' dari PDIP

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di kantor DPP Demokrat.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Masuknya nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dalam radar PDI Perjuangan (PDIP) untuk bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo cukup mengejutkan. AHY dan PDIP dinilai kerap berseberangan dalam sikap politiknya.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Pengamat komunikasi politik Jamiuddin Ritonga menganalisa pernyataan petinggi PDIP Puan Maharani yang menyebut AHY merupakan salah satu nama bakal cawares Ganjar. Menurut dia, hal itu mengejutkan karena selama ini banyak elite PDIP yang menilai AHY dari sisi negatifnya.  

"Seolah AHY sosok yang tidak ada benarnya. AHY seolah anak kemarin yang tak punya pengalaman dan prestasi," kata Jamiluddin, dalam keterangannya, Kamis, 8 Juni 2023.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Dia mengatakan dengan AHY masuk radar PDIP, tentu penilaian negatif itu bisa sirna. Penilaian sebagian kader PDIP itu bukan didasarkan atas objektifitas, tapi lebih pada ketidaksukaan.

"Dengan pernyataan Puan itu, PDIP secara institusi justru menilai AHY punya nilai lebih. AHY dinilai punya kapasitas untuk menjadi cawapres," jelas Jamiluddin.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Ketua

Photo :
  • 1484499

Baca Juga: AHY Dibidik PDIP Jadi Cawapres Ganjar, Demokrat Kasih Jawaban Menohok

Meski demikian, ia menilai bisa jadi manuver PDIP itu hanya sekadar perangkap untuk AHY dan Demokrat.

"Masuknya AHY dalam radar PDIP bisa jadi hanya jebakan batman. Bisa saja hal itu hanya mengiming-iming Demokrat, termasuk AHY, untuk mau merapat ke PDIP," tutur dosen Universitas Esa Unggul tersebut.

Menurut dia, kemungkinan hanya jebakan batman bisa saja dalam politik. Kata dia, tujuannya agar Demokrat dapat berpaling dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Kalau hal ini terwujud, tentu akan berdampak pada pencapresan Anies Baswedan," sebut Jamiluddin.

Bagi dia, taktik PDIP itu bisa kemungkinan untuk membuat KPP pecah dalam prosesnya menuju Pilpres 2024."Dengan begitu, upaya penjegalan Anies menjadi capres dapat mereka wujudkan," tuturnya.

Sebelumnya, PDIP melalui Ketua DPP Puan Maharani menyebut nama sejumlah tokoh yang masuk radar sebagai bakal cawapres. Dia mengatakan sejumlah nama itu antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto hingga AHY.

"Nama kan banyak ada 10. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya kan, Pak Airlangga, iya kan," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya