Direstui Jokowi, Ini 6 Fakta Menarik Kaesang Pangarep Siap Maju Jadi Depok Pertama

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menyatakan siap maju menjadi Depok Pertama. Dia mengaku keputusan ini diambil setelah mendapat izin dan restu dari keluarganya.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

"Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, InsyaAllah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok Pertama. Mohon dukungannya, merdeka," kata Kaesang dikutip dari channel YouTube Kaesang Pangarep, Rabu, 14 Juni 2023.

Billboard PSI mendukung Kaesang jadi Wali Kota Depok

Photo :
Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Sinyal mengenai keputusan Kaesang untuk maju memimpin Depok ini sudah terlihat, saat dia menanggapi pemasangan baliho bergambar dirinya sebagai Wali Kota Depok oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang mengaku, soal pemasangan baliho bergambar dirinya itu memang sudah atas sepengetahuannya. "Yang ngasih gambar saya, PSI ya dukung. Fotonya, dari saya. Saya sudah suplai foto-foto saya," kata Kaesang, Minggu, 4 Juni 2023.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Sontak pernyataan Kaesang soal kesiapannya maju jadi Depok Pertama itu pun menuai beragam reaksi dari berbagai pihak. Berikut kami rangkum sederet fakta menarik di baliknya.

1. Puan Maharani ajak Kaesang gabung PDIP

Menyusul pernyataan Kaesang siap maju sebagai Depok Peratama dalam Pilkada Depok 2024, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Puan Maharani mengajak Kaesang Pangarep bergabung ke partainya.

"Saya sudah sampaikan, mana hayo. 'Mas Kaesang ketemu Mbak Puan, ayo masuk PDI Perjuangan yuk',” kata Puan di sela-sela menyambut kedatangan kontingen Indonesia ASEAN Para Games di Bandara Adi Soemarmo, Minggu 11 Juni 2023.

Ketua DPR Puan Maharani dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

2. PDIP singgung aturan paten di internal partai

Ketua DPP PDIP Said Abdullah meyakini, Kaesang akan bergabung ke partai berlogo Banteng untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

Keyakinan Said didasarkan pada aturan yang ada di PDIP. Dalam regulasi internal, kata dia, satu keluarga harus menjadi kader PDIP. Hal itu karena anggota keluarga lainnya yang telah bergabung lebih dulu.

3. PDIP yakin Kaesang bakal gabung

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Depok, Ikravany Hilman mengatakan sudah ada sinyal kuat dari Kaesang bakal maju di Pilkada Depok 2024 melalui PDIP.

Dia mengatakan, sesuai dengan arahan partai bahwa satu keluarga haruslah memiliki darah partai yang sama. “Masa ayahnya, kakaknya di PDIP, iparnya di PDIP. Ya harapannya sih sama ya (Kaesang masuk) PDIP juga,” tegasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • dok Humas PDIP

4. PDIP siapkan sekolah partai buat Kaesang

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan partainya menyiapkan kaderisasi bagi siapapun yang ingin maju dalam kontestasi Pemilu 2024, termasuk Kaesang yang mengaku siap maju jadi Depok Pertama.

PDI Perjuangan, kata Hasto, memiliki sekolah partai dengan pengajar yang mumpuni dan sudah bergelut di dunia politik seperti seperti Tri Rismaharini, Pramono Anung dan Azwar Anas.

5. Jokowi ogah campuri urusan Kaesang

Presiden Jokowi angkat bicara mengenai rencana Kaesang maju dalam Pilkada Depok. Jokowi meminta keinginan putra bungsunya itu ditanyakan langsung kepada Kaesang.

Jokowi mengatakan, saat ini Kaesang sudah menikah dan berkeluarga. Kaesang juga menjadi kepala keluarga dan memiliki tanggung jawab sendiri atas apa yang diputuskannya termasuk untuk maju dalam kontestasi Pilkada di kota Depok. Karena itu, Jokowi mengaku menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada Kaesang dan tak mau mencampuri urusannya.

Kaesang Pangarep dan Presiden Joko Widodo

Photo :
  • Instagram Kaesang Pangarep

6. Jokowi restui Kaesang maju Pilkada Depok

Terakhir, Presiden Jokowi menyampaikan, sebagai orang tau dari Kaesang, tugasnya hanya sebatas memberi restu dan mendoakan yang terbaik untuk anak-anaknya.

"Gini loh, saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka. Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan" ujar Jokowi saat ditanya wartawan di Kantor BPKP Jakarta, Rabu 14 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya