Jawaban Kaesang saat Ditawari Gabung PDIP Bikin Erina Pangling

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep merespons pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani yang akan mengajaknya gabung ke partai berlambang banteng itu.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Ajakan itu disampaikan Puan setelah berembus kabar bahwa Kaesang akan terjun ke dunia politik dan ikut kontestasi pemilihan Wali Kota Depok pada 2024 mendatang.

"Ibu nomor satu kita, Bu Puan kan akan nanya ke bapak (Kaesang), jadi gimana nih jadi ke PDIP atau enggak?" tanya komedian, Kiky Saputri saat menjadi co-host dalam podcast di YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, Senin, 19 Juni 2023.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Saat itu sebuah video berisi pernyataan Puan Maharani yang mengajak Kaesang untuk bergabung ke PDIP pun diputar. Mulanya, Puan menyambut baik rencana Kaesang untuk maju sebagai Wali Kota Depok. Puan pun berencana untuk bertanya langsung ke Kaesang apakah minat gabung ke PDIP atau tidak. "Jadi gimana?" tanya Kiky lagi.

Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA
PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Sebenarnya, apapun partainya, yang penting niatnya baik, partai apapun enggak masalah," kata Kaesang. 

Jawaban Kaesang yang serius itu kemudian direspons oleh sang istri, Erina Gudono. Menurut Erina, jawaban Kaesang sudah seperti politikus, padahal dalam keseharian sosok Kaesang tidak selalu serius.

"Udah kayak politikus ngomongnya," ucap Erina yang disambut tawa oleh Kiky dan Kaesang. 

Sebelumnya diberitakan, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menanggapi putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep yang berkeinginan terjun ke dalam dunia politik, merujuk pada sejumlah baliho yang menampilkan foto wajah Kaesang sebagai bakal calon wali kota Depok oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Untuk Kaesang, Mas Kaesang, boleh juga ya di Depok. Tapi nanti saya tanya Mas Kaesang, berminat atau enggak masuk PDI Perjuangan," ujar Puan Maharani saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

Puan juga mengatakan, jika Kaesang benar ingin bergabung dengan partai, PDIP akan mempertimbangkan untuk Kaesang maju sebagai calon wali kota Depok. "Nanti PDI Perjuangan pertimbangkan, kan Pilkadanya masih 2024," katanya. 

Kaesang Pangarep sendiri telah memberikan klarifikasi terkait kabar, yang menyebut bahwa dirinya bakal maju dalam kontestasi pemimpin untuk Kota Depok.

Melalui video klasifikasi di channel YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, Dia pun mengonfirmasi dan menyatakan kesiapannya untuk maju menjadi Depok Pertama.

Dalam pengakuannya, keputusan ini diambil Kaesang setelah mendapat izin dan restu dari pihak keluarganya. Karenanya, Dia pun memohon dukungan untuk niatnya tersebut.

"Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, InsyaAllah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok Pertama. Mohon dukungannya, merdeka," kata Kaesang.

Sinyal mengenai keputusan Kaesang Pangarep untuk maju memimpin Depok ini sudah terlihat, saat dia menanggapi pemasangan baliho bergambar dirinya sebagai Wali Kota Depok oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang mengaku, soal pemasangan baliho bergambar dirinya itu memang sudah atas sepengetahuannya. "Yang ngasih gambar saya, PSI ya dukung. Fotonya, dari saya. Saya sudah suplai foto-foto saya," kata Kaesang, Minggu, 4 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya