Soroti Manuver 3 Bakal Capres, Pengamat: Prabowo Paling Santai, Tak Grasa grusu

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi panelis dalam Pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu, 3 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta - Dinamika menuju Pilpres 2024 sudah memunculkan tiga nama bakal capres yaitu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, eks Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Aktivitas tiga figur bakal capres itu pun jadi sorotan.

Surya Paloh Tak Masalah Nasdem di Luar Pemerintahan

Pengamat politik Ujang Komaruddin menganalisa tiga figur bakal capres tersebut. Menurut dia, dari tiga figur tersebut, Prabowo yang paling santai dan tidak grasa-grusu.

Aktivitas Prabowo saat akhir pekan seperti bertemu dengan jurnalis dan beberapa key opinion leader (KOL) muda Indonesia seperti Juragan 99 dan Arief Muhammad. Pertemuan itu terjadi di rumah makan Payakumbuah, Kemang, Jakarta Selatan.

Siap Dukung Program Prabowo-Gibran, Partai Buruh Pertimbangkan Deklarasi Resmi

Bakal Capres 2024, Prabowo, Ganjar, dan Anies (Foto/VIVA.co.id)

Photo :
  • vstory

Menurut dia, pergerakan Prabowo itu berbeda dengan dua bakal capres lainnya.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

“Saya melihat ada perbedaan aktivitas ya dari ketiga bakal capres saat ini. Kalau kita cermati dan dalami yang sangat relaks, sangat santai, tidak grasa grusu," kata Prabowo, dalam keterangannya, Senin, 26 Juni 2023.

Bagi dia, upaya Prabowo itu tenang dan bisa memotivasi. Kata Ujang, anak-anak muda itu bisa belajar dari eks Danjen Kopassus tersebut.

"Sangat tenang dan sangat memotivasi banyak anak-anak muda di Indonesia ya Pak Prabowo,” ujar Ujang.

Pun, dia membandingkan aktivitas bakal capres lainnya, Ganjar Pranowo yang sempat belusukan ke Jakarta. Belusukan Ganjar itu jadi sorotan dan sempat di-bully sama netizen.

Dia menganalisa manuver Ganjar itu sengaja dilakukan untuk mengalahkan Anies di DKI Jakarta.

“Ganjar hari minggu blusukan di Pasar Minggu itu ngapain? Nampaknya ia ingin kalahkan Anies di DKI untuk bisa bersaing dalam Pilpres,” ujar Ujang.

Ujang menyarankan, ada baiknya Ganjar lebih santai dan bersaing dengan sehat untuk pendidikan politik anak muda di Indonesia.

Adapun, bakal capres lainya yaitu Anies Baswedan saat ini tengah berada di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya