Ngumpul di Buaran, Ribuan Pengemudi Ojol Dukung dan Siap Kawal Anies Menuju 2024

Para ojol yang deklarasi dukung Anies Baswedan.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Ribuan anggota komunitas pengendara ojek online atau ojol lintas aplikator dari Jabodetabek berkumpul di Pintu Air Malaka Sari, Buaran, Duren Sawit, Minggu, 2 Juli 2023. Mereka menyatakan deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan menuju Pilpres 2024.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Ribuan ojol dari berbagai komunitas itu mengatasnamakan Relawan DOA atau Deklarasi Ojol Anies for Presiden 2024. Mereka meyakini sosok eks Gubernur DKI Jakarta itu akan membawa perubahan nasibnya.

"Kami yakin dengan mendeklarasikan Anies for Presiden. Nasib kami yang selama ini kurang baik akan berubah dengan Anies jadi Presiden," kata Ketua Relawan DOA, Welly Aksa kepada awak media.

Sopir Angkot Ugal-ugalan Tabrak Ojol hingga Mobil di Jaktim, Begini Kronologinya

Welly mengatakan, pihaknya kecewa karena status pekerja Ojol di dalam UU Omnibus Law tak disebutkan. Dengan demikian, menurutnya negara diartikan tak ikut memperhatikan nasib ojol.

Para ojol yang deklarasi dukung Anies Baswedan nyapres 2024.

Photo :
  • istimewa
Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Dia mengingatkan dalam 10 tahun ini, pendapatan masyarakat yang berprofesi sebagai ojol masih jauh di bawa Upah Minimum Regional (UMR) DKI Jakarta. "Kami mencari Rp100 ribu saja per hari susah Pak, ujar Welly.

Padahal, menurutnya, peran Ojol selama ini diakui telah memperlancar dan mempercepat arus barang serta manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, ia heran karena kontribusi Ojol ini tidak ditunjang oleh perlindungan yang memadai dari negara. Hal itu membuat status pengemudi ojol hingga saat ini tidak jelas.

Welly menyebut ojol dianggap bukan pekerja sehingga UU Perburuhan tidak berlaku. Tapi, ojol hanya dianggap mitra meski hubungan kemitraan ini sangat timpang dan sepihak. Ia bilang makin banyak pengemudi ojol hidup dalam penderitaan dengan bekerja sekitar 16 jam per hari namun dapat uang lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi.

Dia mengatakan pihaknya beranggapan momen Pilpres 2024 jadi penting karena dengan adanya pergantian Presiden yang punya kekuasaan pembuat UU maka nasib Ojol akan lebih baik ke depannya.

3 Tuntutan Deklarasi Ojol

Dalam kesempatan deklarasi itu, para deklarator Ojol juga membacakan 3 tuntutan deklarasi ojol Indonesia untuk Anies Presiden.

Pertama, pengemudi Ojol menyatakan dukungan terhadap gagasan perubahan. Hal itu termasuk perubahan pada pengaturan ojol sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan pengemudi ojol.

Kedua, pengemudi ojol menyatakan NKRI adalah harga mati. Begitu juga Anies Presiden 2024 adalah harga mati!

Ketiga, pengemudi ojol pada saat hari pencoblosan siap menjadi saksi bekerjasama dengan tim sukses Anies Baswedan demi memerangi segala potensi kecurangan yang bakal terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya