Hengkang dari Nasdem, Wali kota Makassar Danny Pomanto Siap Gabung ke PDIP

Wali Kota Makassar Danny Pomanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud

Makassar - Wali Kota Makassar Danny Pomanto resmi mengundurkan diri sebagai anggota Partai Nasdem. Danny  blak-blakan mengaku bakal segera bergabung ke PDI Perjuangan (PDIP).

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Danny mengatakan, sejak menyampaikan hengkang dari Nasdem, sejumlah partai politik atau parpol mulai menawarinya untuk bergabung. Salah satunya, PDIP yang merupakan besutan Megawati Soekarnoputri.

"Saya belum tahu ini, mau ke partai mana. Tapi, sudah banyak partai yang mengubungi saya setelah informasi ini beredar luas ke publik. Yah, sudah ada beberapa kawan-kawan dari Golkar, PDIP, dan PPP yang menghubungi," kata Danny saat menggelar jumpa pers di Jalan Topaz Raya, Kota Makassar, Senin 3 Juli 2023.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Danny menyampaikan, jika dirinya menyatakan mundur dari Nasdem karena dua alasan yaitu kepentingan keluarga dan politik. Danny mengaku segera mengambil sikap mundur sebelum proses masa verifikasi bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 berakhir.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud.
Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Dia tak menampik anak dan istrinya juga ikut mundur dari Nasdem. Ia menekankan dengan memilih lebih dulu mundur agar tak ada kegaduhan di internal Nasdem.

"Kemudian karena keluarga saya semua kan ikut mundur, istri dan anak saya juga ikut mundur. Dan kami mundur itu sebelum masa verifikasi bacaleg berakhir," jelas Danny.

Pun, mengaku kemungkinan besar akan loncat ke PDIP. Apalagi, menantu atau suami dari putrinya saat ini sudah gabung ke PDIP.

"Saya kira semua partai cocok. Namanya politik. Biar menantu duluan masuk itu kan akan datang bisa saja tidak seperti itu, bisa jadi juga seperti itu," tutur Danny.

Dia menjelaskan kemungkinan besar PDIP jadi pelabuhan politiknya karena ada aturan di internal parpol berlambang banteng moncong putih tersebut.

"Namanya Politik. Politik itu dinamis. Saya paham bahwa di PDIP itu satu keluarga harus satu partai. Makanya salah satu alasan juga kenapa anak saya (Aura) harus mundur," ujar Danny.

Sebelumnya, Danny Pomanto menyatakan mundur dari Nasdem. Dia sudah mengirimkan surat kepada Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

Danny disebut mengirimkan surat pengunduran dirinya yang ditanda tangani di atas materai tertanggal 1 Juli 2023. Dia menyatakan mundur dari partai Nasdem dengan alasan keluarga dan politik.

"Menyatakan pengunduran diri sebagai anggota Partai Nasdem dengan alasan keluarga dan politik," demikian isi surat tertulis Danny kepada Surya Paloh yang beredar, Minggu 2 Juli 2023.

Danny mengatakan jika pengunduran dirinya dari Partai Nasdem tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan dengan penuh kesadaran. Kemudian, Danny juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Nasdem yang telah bekerja sama dengannya selama ini.

Kabar mundurnya Danny dari Nasdem dibenarkan petinggi partai tersebut yaitu Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Menurut dia, Danny sudah mengabari ke DPP Nasdem perihal mundur dari partai. "Iya, sudah dikabari tadi malam. Dia mengundurkan diri bersama istri dan anaknya," kata Ahmad saat dikonfirmasi awak media.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya