Kelakar Prabowo ke Effendi Simbolon: Kawan Ya Kawan tapi di DPR Ini Paling Galak

Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyebut anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon merupakan kawannya. Namun, Prabowo mengatakan politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu justru kerap menimbulkan kesan galak terutama saat bertemu dalam rapat di DPR RI.

Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Anies Bungkam karena Takut Dibilang Geer

Hal itu diungkap Prabowo saat jadi pembicara tamu di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) di kawasan Jakarta Pusat.

"Effendi Simbolon dibilang kawan ya kawan, tapi di Komisi I DPR ini termasuk paling galak ini," ujar Prabowo yang disambut gelak tawa para peserta rakernas di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Juli 2023. 

Ditolak Gelora Masuk Koalisi Prabowo, PKS Lempar Sindiran Menohok: Aduh, Partai Nol Koma

Menhan Prabowo Subianto saat rakernas Marga Simbolon di Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Wahid

Tapi, menurutnya perilaku seperti Effendi yang galak benar sebagai wakil rakyat. Ia bilang wakil rakyat mesti kritis dan berani.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

"Tapi itulah seorang wakil rakyat yang benar, wakil rakyat harus kritis, harus tajam, harus berani, tapi jangan galak-galak pak," lanjut Ketua Umum Gerindra tersebut.

Prabowo lantas bercerita bahwa dirinya hadir ke acara Rakernas ini atas undangan Effendi Simbolon yang ia terima dua hari lalu. Padahal, biasanya, undangan acara harus ia terima minimal dua minggu sebelum acara tersebut berlangsung.

"Saya agak kaget, karena baru dua hari lalu (menerima undangan). Biasanya acara saya dua minggu sebelumnya diatur," ujarnya.

Meski begitu, Prabowo memutuskan untuk hadir ke acara Rakernas PSBI yang dipimpin Effendi Simbolon. Sebab, dirinya dan Effendi serta warga dengan marga Simbolon memiliki hubungan emosional yang cukup kuat.

"Tapi karena ini Simbolon, karena saya banyak hubungan emosional dengan Simbolon ini, kawan-kawan saya banyak Simbolon di tentara. Puluhan tahun dalam perjuangan, ada Roberto Simbolon, tokoh-tokoh dari marga Simbolon," jelas Prabowo.

Pun, Effendi berterima kasih kepada Prabowoyang telah bersedia hadir dan membuka rakernas ini. Ia menilai, Prabowo sebagai sosok yang sangat mengerti unsur pertahanan dan keharmonisan negara sesuai dengan yang dipegang teguh PSBI hingga saat ini.

"Kami dari salah satu unsur pertahanan dan basis dari akar pertahanan adalah masyarakat itu sendiri. Saya mengenal Pak Prabowo adalah orang yang sangat paham akan pertahanan negara," ujar Effendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya