Kagum dengan Orang Batak, Prabowo: Rata-rata Jagoan, Ada Luhut Binsar Pandjaitan

Ketum Gerindra sekaligus Menhan RI Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto merasa kagum dengan masyarakat suku Batak. Prabowo mengatakan itu saat menghadiri Rakernas Marga Simbolon di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat. 

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Dia menceritakan, karena pengalamannya saat menjadi tentara banyak warga Batak yang rata-rata jadi jagoan.

Prabowo pun menyebut beberapa nama seperti pahlawan nasional Tahi Bonar Simatupang atau TB Simatupang. Kata Prabowo, TB Simatupang saat usia muda sudah jadi Kepala Staf Angkatan Perang (KSAP). Ia juga menyebut nama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Elite Gerindra Jelaskan Maksud Pesan Prabowo Jangan Ganggu Jika Tak Mau Kerja Sama

"Saya heran, di tentara begitu banyak orag Batak dan rata-rata memang jagoan. Lihat saja, dari sejarah kita, ada TB Simatupang. Di usia muda, sudah menjadi Kepala Staf Angkatan Perang, tangan kanan Pak Sudirman dan Nasution. Terus ada Maraden Panggabean, Faisal Tanjung, Romulu Simbolon dan Luhut Binsar Pandjaitan," ujar Prabowo, Jumat, 7 Juli 2023.

Menhan Prabowo Subianto saat rakernas Marga Simbolon di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Zulhas: Katanya PAN Cuma Bisa Joget, Eh yang Menang Capresnya Gemoy dan Bisa Joget

Selain itu, Prabowo juga menyebut masyarakat dari suku Batak juga banyak sukses di bidang hukum dan politik. Contohnya seperti Hotman Paris Hutapea selaku advokat terkenal dan Effendi Simbolon yang merupakan anggota Komisi I DPR RI.

“Ada lawyer, advokat. Yang paling jago Batak juga seperti Hotman Paris Hutapea. Di politik juga ada Effendi Simbolon. Pokoknya banyaklah," tuturnya.

Dia menambahkan, selain piawai di segala bidang, orang-orang Batak juga dikenal jago dalam hal fisik. Ia berpikir, mungkin masyarakat Batak kuat lantaran kerap naik dan turun gunung.

"Dan memang ciri khas orang Batak itu satu, fisiknya kuat mungkin di daerah Batak itu banyak gunung ya, jadi harus naik turun gunung," ujar Prabowo.

Seperti diketahui, Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di HUT-nya yang ke-16. Rakernas himpunan yang dipimpin Effendi Simbolon digelar di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat.

Prabowo dalam kesempatan itu hadir membuka langsung rakernas. Dia mengaku datang ke rakernas karena diundang Effendi Simbolon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya