Demokrat Ingatkan Anies Dampak Deklarasi Cawapres di Menit Akhir

Anies Baswedan ikut saksikan ajang balap mobil listrik Formula E 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta - Partai Demokrat mengingatkan agar Anies Baswedan tidak mengumumkan calon wakil presiden di menit akhir. Pasalnya, masa kampanye pemilu 2024 hanya berlangsung 75 hari.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Butuh Dukungan Rakyat dan Parpol untuk Wujudkan Janji Kampanye

"Masa kampanye itu hanya 75 hari, masa pendaftaran hanya sekitar satu bulan, kan itu butuh penyelarasan pada waktu ditetapkannya koalisi calon presiden dan calon wakil presiden. Tentu harus disusun visi misi program kerja, apalagi menyangkut masalah konsepsi perubahan ke depan," kata Ketua DPP Demokrat Herman Khaeron dikutip Sabtu, 8 Juli 2024. 

Herman menuturkan sosok cawapres harus dapat menjadi figur perubahan seperti yang diusung Anies. Cawapres Anies bahkan harus mampu merepresentasikan perubahan.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

"Kalau melihat representasi yang memang mampu menjadi figur perubahan ini kan Mas Anies sebagai capresnya. Ya kami juga harus cari cawapresnya yang juga mampu merepresentasikan perubahan juga," ujarnya.

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan saat hadiri Milad PKS ke-21

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Firasat Murid SMK Depok Sebelum Kecelakaan di Ciater, Sopir Bus Ungkap Detik-detik Tragedi Maut

Herman merasa khawatir masa kampanye yang cuma 75 hari tidak cukup untuk menyosialisasikan program. Karena itu, ia menilai partai koalisi juga perlu waktu untuk mengampanyekan Anies dan cawapresnya nanti.

"Ini harus disampaikan capres-cawapres beserta koalisinya, karena ini adalah konsepsi bersama yang ditawarkan ke masyarakat. Oleh karena itu butuh waktu, tidak cukup kalau hanya 75 hari untuk menyosialisasi kan ke DPT," ujarnya. 

Herman menuturkan, Partai Demokrat telah mengingatkan partai-partai di koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) dan Anies agar mendeklarasikan bacawapres lebih awal.

"Demokrat selalu mengingatkan kepada koalisi kepada Mas Anies, ayo kita deklarasikan lebih awal supaya cukup waktu. Kita butuh waktu untuk duduk bersama, menyusun, kemudian gimana langkah-langkah gimana sosialiasi ke masyarakat kalau terpilih, apa yang semestinya dilakukan oleh capres dan cawapres," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya