Jokowi: Capres-capres Ngopi Bareng, Kok yang di Bawah Bertengkar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Harlah ke-25 PKB
Sumber :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Solo – Presiden Jokowi menghadiri puncak peringatan Harlah ke-25 PKB yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu 23 Juli 2023. Di depan puluhan ribu kader PKB, mantan Wali Kota Solo itu berpesan agar Pemilu 2024 menjadi pesta demokrasi yang menyenangkan bagi rakyat Indonesia.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa saat ini suhu politik sudah mulai menghangat menghadapi Pemilu 2024. Oleh sebab itu, ia meminta kepada para kader PKB untuk menjaga pemilu tahun depan agar hasiilnya baik dan prosesnya juga baik. Sehingga seluruh elemen bangsa tidak terpecah usai pemilik.

“Sudah sering kita dengar pemilu itu pesta demokrasi yang namnya pesta harusnya rakyat itu bersenang ya nggak? Rakyat itu bergembira ya nggak? Tidak boleh ada ketakutan. Tidak boleh ada pertengkaran-pertengkaran,” kata dia dalam peringatan Harlah ke-25 PKB yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu, 23 Juli 2023.

Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

Presiden Jokowi di acara harlah ke-25 PKB

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dalam demokrasi perbedaan pilihan politik merupakan hal yang biasa dan wajar. Oleh sebab itu, ia meminta kepada rakyat untuk tidak bertengkar dan menjelekkan hanya gara-gara perbedaan pilihan politik dalam pemilu.

Pilot Ini Daftarkan Diri Jadi Bakal Calon Bupati

“Jangan ada lagi ujaran kebencian, jangan ada lagi berita bohong. Banyak di pemilu sebelumnya terutama di medsos. Jangan lagi ada fitnah-fitnahan utamanya di medsos. Kadang kalau baca medsos itu geleng-geleng Kok nggih koyo ngeten, sami-sami sedherek, sami-sami sedulur,” ujar dia.

Kemudian, Presiden Jokowi menegaskan setelah berkompetisi dalam pesta demokrasi, rakyat harus bersatu kembali. Pasalnya pertentangan yang terjadi di akar rumput berkebalikan dengan di kalangan elite politik yang usai berkompetisi langsung kembali rukun.

“Lha wong yang di atas-atas saja, ketua-ketua partai sering makan bareng. Capres-capres itu ngopi bareng. Lha kok yang di bawah saling bertengkar dan berkepanjangan, kanggih nopo (buat apa). Kita ini satu saudara sebangsa dan se-Tanah Air Indonesia,” ucap Jokowi.

Hanya saja kejadian seperti itu menurut Presiden Jokowi tidak terjadi di kalangan kader PKB. Oleh sebab itu, ia menaruh harapan besar kepada jajaran pengurus dan kader PKB semoga pesta demokrasi pada 2024 berjalan dengan sukses.

“Menghasilkan kepemimpinan yang kokoh, baik di eksekutif maupun legislatif untuk meneruskan perjuangan dan pencapaian yang telah kita perjuangkan bersama-sama. Semoga PKB menang dalam pemilu mendatang,” kata dia.

Sementara itu terkait harlah PKB, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada partai tersebut yang kini sudah memasuki usia 25 tahun. Ia pun mendoakan agar partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu makin berjaya.

“Semoga suara PKB naik di pemilu 2024. Semoga PKB kursinya nambah di pemilu 2024 dan perannya makin besar di pemerintahan mendatang. Selamat juga kepada Gus Muhaimin Iskandar, Bapak Ketua Umum PKB yang telah memimpin selama 18 tahun,” kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya