Survei Relawan Saga Ganjar Pranowo Nomor Satu, Pengamat Beri Tips Biar Tambah Tinggi

Relawan Sahabat Ganjar Merilis Hasiil Litbang Soal Popularitas Capres
Sumber :
  • Sahabat Ganjar

Jakarta – Tim relawan Ganjar Pranowo, yakni Sahabat Ganjar atau Saga, juga melakukan survei terkait dengan elektabilitas calon mereka. Hasilnya, tidak jauh berbeda dengan lembaga survei yang menempatkan Ganjar dinomor satu.

Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Rilis terkait elektabilitas Ganjar Pranowo dilakukan di DPP Sahabat Ganjar, Kota Jakarta Selatan. Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari, menjadi moderator dan juga memaparkan hasil survei Litbang Sahabat Ganjar.

Pemaparan hasil survei ini juga, mengundang pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin.  

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

“kita memiliki tren elektabilitas Pak Ganjar dari berbagai segmen, sehingga diskusi ini untuk bertukar pikiran dengan pengamat politik kita bisa bersama-sama menilai elektabilitas Pak Ganjar tetap unggul,” jelas Fahlesa, dikutip Selasa 25 Juli 2023.

Ujang Komarudin sebagai pengamat politik, turut memberikan pandangannya terhadap data-data statistik relawan tersebut. Data itu relatif sama dengan kebanyakan lembaga survei yang memposisikan Ganjar tertinggi. Maka dianggap cukup objektif hasilnya.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

“Saya setuju dengan statistik yang dipaparkan tadi, data-datanya mirip dengan lembaga-lembaga survei lainnya, jadi survei ini cukup objektif,” kata Ujang.

Dijelaskan oleh Ujang, ada 3 hal yang penting untuk menjadi perhatian bagi relawan Sahabat Ganjar untuk survei politik seperti ini.

Terutama agar supaya bisa meningkatkan data statistik yang masih memiliki kekurangan.

“jadi modal capres itu popularitas, dari kesukaan masyarakat, dan elektabilitas, Dalam survei itu ada 3 hal, dia bisa naik, bisa stag, bisa turun. Nah potensi Pak Ganjar untuk bisa naik itu tinggi karena angka 8,1,” jelas Ujang.

Diakuinya, untuk beberapa segmen sebenarnya Ganjar Pranowo masih harus berusaha dari banyak elemen. Usaha ini tentu saja dalam rangka untuk meningkatkan angka statistik tersebut.

“Ini kalau diborong dengan kerja partai, kerja relawan, dan kerja individu itu ya maka bisa menaikkan popularitas dari bapak Ganjar tersebut,” jelas Ujang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya