Gembong PDIP Siap Diklarifikasi DPP soal Pemecatan Cinta Mega Buntut Main Game Slot

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

Jakarta - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono mengaku siap berikan klarifikasi dan pertanggungjawaban soal usulan sanksi yang akan diberikan ke anggota DPRD DKI Jakarta, Cinta Mega.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Diketahui, DPD PDIP DKI mengusulkan sanksi berupa pemecatan terhadap Cinta Mega usai terpergok main game slot saat rapat paripurna.

"Ya pasti kan, apa yang kita putuskan harus kita pertanggungjawabkan ke DPP karena DPP yang punya kewenangan untuk memberikan sanksi itu," kata Gembong dikutip Selasa, 1 Agustus 2023.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN

Gembong mengatakan, yang memiliki kewenangan memberikan sanksi hanyalah DPP. Sementara, DPD hanya bisa mengusulkan melalui rapat pleno.

"Karena kami tidak punya kewenangan, maka kewenangan itu kita usulkan sebagaimana hasil rapat pleno DPD," ujarnya.

Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

Anggota Komisi C DPRD DKI Fraksi PDIP, Cinta Mega

Photo :
  • Laman resmi DPRD Provinsi DKI Jakarta

"Nah sekarang kan kalau apa yang disampaikan tadi, DPD ingin memberikan klarifikasi ya pasti akan klarifikasi terkait dengan keputusan yang sudah saya ambil. Karena ini sudah diambil oleh DPD, apakah cacat prosedur itu nanti DPP pasti akan mempertanyakan itu," jelas Gembong.

Sebelumnya, legislator Cinta Mega dipanggil Dewan Kehormatan PDIP setelah tepergok main game slot saat rapat paripurna DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam pemanggilan tersebut, Cinta Mega mengaku tak diberi kesempatan untuk mengklarifikasi di hadapan DPD PDIP DKI Jakarta. DPD langsung menjatuhkan sanksi pemecatan melalui mekanisme Pergantian Antar-Waktu (PAW) di tingkat DPRD DKI Jakarta.

"Kita butuh pemeriksaan tambahan dengan DPD. Karena tadi, menurut Ibu Cinta Mega, DPD langsung rapat dan memutuskan untuk memberi sanksi organisasi. Itu tidak boleh. Dia harus hadir di situ dan berhak untuk menyampaikan klarifikasi," ujar Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watabun kepada wartawan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

"Tidak bisa ada berniat masuk langsung diputuskan, PDIP tidak boleh gitu. Setiap anggota punya hak memberi klarifikasi atau membela dalam proses menjatuhkan sanksi," ujarnya.

Komarudin juga menjelaskan proses pemberian sanksi di PDIP ada beberapa tahapan. PDIP melihat dari tingkat kesalahan kader yang melanggar aturan dan sanksi yang paling berat itu adalah pemecatan.

"Proses atau sanksi di PDIP itu ada beberapa dari tingkat kesalahannya, apakah dia dibebastugaskan dari diberhentikan dari anggota DPRD DKI Jakarta. Itu salah satu tingkatan yang paling berat itu pemecatan. Tapi, kita liat apakah tingkat kesalahannya sampai pemecatan atau tidak," katanya.

DPD PDIP DKI Jakarta menggelar rapat pleno untuk membahas nasib anggotanya yang tepergok main game slot saat rapat paripurna pada Kamis, 20 Juli.

Hasilnya, DPD PDIP DKI memutuskan untuk menjatuhkan sanksi hukuman berupa Pergantian Antar-Waktu (PAW) terhadap Cinta Mega, yang berarti dia dipecat sebagai anggota DPRD DKI.

"Tadi kita rapat pleno karena segala sesuatu keputusan kita biasa melalui rapat pleno ini. Selesai rapat pleno kita memberikan sanksi berupa PAW. Nanti kita akan kirimkan surat PAW tersebut kepada DPP Partai," ujar Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Wijaya kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 25 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya