Mayoritas Pemilih Luar Jawa Dukung Prabowo Jadi Pemimpin RI Versi LSI Denny JA

Ketum Gerindra sekaligus Menhan RI Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Mayoritas pemilih yang berada di luar Jawa disebut mendukung bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk jadi pemimpin RI selanjutnya meneruskan Jokowi. Temuan itu merujuk hasil Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas menjelaskan dari hasil survei pihaknya mayoritas pemilih di luar Jawa kompak pilih Menteri Pertahanan RI tersebut.

Dia menyampaikan dari hasil survei terbaru itu, Prabowo meraih dukungan dari masyarakat di Sumatera, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lalu, ada juga di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan bagian Indonesia Tengah seperti Kalimantan.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

“Prabowo unggul di Sumatera, Indonesia Tengah, Bali-NTB-NTT,” kata Hanggoro dikutip pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Presiden Jokowi ada saat Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Kebumen

Photo :
  • Twitter @ganjarpranowo
Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Pun, dia melanjutkan, Prabowo mengantongi keunggulan di dari beberapa daerah tersebut dari bakal capres PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo. Misalnya, di Pulau Sumatera, Prabowo berhasil kantongi keunggulan sebesar 53,5 persen. Angka itu jauh dari Ganjar yang hanya meraup suara sebanyak 40 persen.

Kemudian, pemilih di Indonesia Tengah, Prabowo berhasil ungguli Ganjar dengan total elektabilitas mencapai 75,2 persen. Sementara, Ganjar hanya mampu dapat suara sebesar 24,6 persen.

Selanjutnya, di Bali, NTB dan NTT, Prabowo berada di urutan teratas dengan total dukungan 56,2 persen. Sementara, Gubernur Jawa Tengah itu dapat dukungan 37,9 persen.

Temuan LSI Denny JA juga mengungkap ada celah (gap) yang dimiliki Prabowo dengan meninggalkan perolehan yang dimiliki Ganjar. Hanggoro mengatakan, dalam hasil survei terbaru, selisih yang dimiliki Prabowo dan Ganjar melebar jadi dua digit. “Sekarang pada bulan ini mencapai dua digit sebesar 10,4 persen,” ujar Hanggoro.

Pun, dia menambahkan, jika dihitung secara rinci pada Januari 2023, ada selisih di antara Prabowo dan Ganjar di angka -4,6. Dengan data itu, mengisyaratkan Prabowo tertinggal 4,6 persen dibandingkan Ganjar.

Namun, angka tersebut berubah signifikan saat masuk di Mei 2023. Pada Mei 2023, Prabowo unggul dari Ganjar dengan gap 6,4 persen. Kemudian, pada Juni, gap-nya makin melebar menjadi 7,2 persen.

Selanjutnya, elektabilitas Prabowo masih kokoh pada Juli 2023. Hal itu merujuk bahwa eks Danjen Kopassus itu mengantongi dukungan sebesar 52,0 persen berbanding terbalik dengan elektabilitas yang dimiliki Ganjar dengan 41,6 persen.

Survei terbaru LSI Denny JA ini dilakukan secara tatap muka atau face to face interview. Sebanyak 1.200 responden dilibatkan dalam survei. Survei dilakukan dalam kurun waktu periode 3 - 15 Juli 2023. Margin of error survei sekitar 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya