Gibran soal Gugatan Batas Usia Cawapres: Jangan Semua Mencurigai Saya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait gugatan syarat usia capres dan cawapres di bawah 40 tahun. Ia pun menampik kabar jika gugatan tersebut untuk memuluskan langkah politiknya untuk maju sebagai cawapres.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Seperti diketahui terkait syarat batasan usia capres dan cawapres saat ini telah digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Adapun pihak pengguggat di antaranya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Garuda.

Ketika disinggung mengenai gugatan batasan usia untuk capres dan cawapres, putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku tidak mengikuti perkembangan pemberitaan terkait gugatan tersebut. 

Pengakuan Mengejutkan Johan Budi soal Revisi UU MK Dibahas Diam-diam di Komisi III DPR

"Saya enggak ngikuti beritanya," kata dia singkat saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis, 3 Agustus 2023.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dipanggil PDIP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Praperadilan Panji Gumilang Ditolak PN Jaksel, Status Tersangka TPPU Tetap Sah

Lebih lanjut, Gibran meminta agar pertanyaan terkait gugatan batasan usia untuk capres dan cawapres ditujukan kepada para penggugat bukan kepada dirinya. Ia mengungkapkan adanya gugatan tersebut seolah dirinya yang mengajukannya untuk maju sebagai cawapres.

"Lebih pas ditujukan kepada yang menggugat. Kemungkinan sing pingin sing gugat (yang ingin yang menggugat). Ojo kabeh dicurigai aku (jangan semua mencurigai saya). Aku kui ora ngopo-ngopo (saya itu tidak ngapa-ngapain)," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Gibran menegaskan dirinya juga mengaku tidak mungkin menjadi cawapres yang diusung oleh PDIP pada Pemilu 2024. "Nggak mungkin, wis tak jawab (sudah saya jawab)," tegasnya

Mengenai anggapan salah satu politisi senior dari PDIP Deddy Sitorus yang menilai Gibran tidak secara tegas memberikan sikap penolakan terhadap isu cawapres, ia mengaku sudah memberikan sikap sejak dulu.

"Sudah saya jawab, umur belum cukup, ilmunya belum cukup, semua belum cukup. Aku kudu piye meneh? (saya harus bagaimana lagi?)" ujarnya

Ketika ditanyai mengenai adanya partai yang tertarik untuk maju sebagai cawapres, Gibran dengan tegas mengatakan ingin konsentrasi untuk melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Solo. 

Tak hanya partai, sejumlah relawan pun turut mendorong untuk menjadi cawapres dalam Pilpres 2024. "Saya fokus dulu di Solo, fokus di Solo wis. Iya makasih (banyak dukungan relawan) tapi saya ingin fokus di Solo," tegasnya 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya