Guntur Romli Minta PSI Konsisten Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Politikus PSI Guntur Romli.
Sumber :
  • Instagram Guntur Romli @gunromli

JakartaPolitikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli mengingatkan Wakil Ketua Dewan PSI Grace Natalie tetap konsisten terkait sikap PSI dalam dukungannya terhadap bakal capres di Pilpres 2024.  

Arief Ngotot Maju di Pilgub Banten 2024, Menunggu Restu Kaesang

Guntur mengingatkan, PSI sebelumnya sudah menempuh proses Rembuk Rakyat untuk mencari sosok bakal capres yang didukung di Pemilu 2024. Saat itu, PSI sudah memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. 

"DPP PSI harus menghormati hasil Rembuk Rakyat yang diumumkan oleh sis Grace Natalie sendiri. Rembuk Rakyat itu mandat dari rakyat, mandat dari konsituen PSI, kalau mau mengubah pilihan politik harus proses Rembuk Rakyat lagi dong," kata Guntur kepada awak media, Kamis, 3 Agustus 2023.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

PSI pasang baliho Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Dok. PSI.

Guntur menuturkan, dirinya sebagai Ketua Umum Ganjarian akan bersikap bila nanti PSI mengubah arah dukungan ihwal bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024. "Tapi saat itu pula, saya sebagai Ketua Umum Ganjarian dan para spartan akan bersikap terhadap DPP PSI," kata Guntur. 

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Kendati begitu, Guntur masih meyakini PSI konsisten dengan hasil Rembuk Rakyat yang sudah diumumkan 3 Oktober 2022 lalu yang memutuskan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. 

"Buktinya saya hingga sekarang masih tetap aktif berjuang menjadi Ketua Umum Ganjarian Spartan salah satu organ pemenangan lintas partai yang dengan gigih memenangkan Ganjar untuk Presiden 2024. Tidak ada hambatan, tentangan maupun perintah dari partai PSI untuk menghentikan ini semua," ujarnya. 

Menurut dia, terkait pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elite PSI kemarin hanya sebuah silaturahmi politik biasa.

"Pak Prabowo pun sudah banyak berkunjung ke berbagai kantor DPP parpol lain dan tidak ada paksaan untuk harus ikut mendukung beliau di Pilpres 2024 nanti," kata Guntur. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, keputusan partainya terkait sosok bakal capres dan cawapres yang akan didukung partainya di Pilpres 2024 merupakan pilihan Presiden Joko Widodo juga. 

Grace menjelaskan, kini PSI belum membuat sikap bakal mendukung siapa di dalam pesta demokrasi nanti. 

"Kami masih ada punya Kopdarnas (kopi darat nasional) pada 22 Agustus mendatang, masih ada mekanisme yang kami jalani, Insya Allah pilihan atau keputusan final PSI adalah juga keputusannya Pak Jokowi," kata Grace usai menerima silaturahmi politik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2023.

.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya