Ferdinand Klaim Gantikan Effendi Simbolon Jadi Caleg PDIP, Puan Malah Bilang Begini

Ketua DPP PDIP Puan Maharani.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani buka suara terkait kepastian digantikannya politikus Effendi Simbolon oleh Ferdinand Hutahaean sebagai bakal caleg. Dia bilang soal itu menunggu jadwal pengumuman daftar calon sementara (DCS) Pemilu 2024.

PPP Tuduh Suaranya Pindah ke Partai Garuda di Dapil Banten

Terkait kepastian mengenai Effendi diganti Ferdinand belum jelas. Sebab, baru Ferdinand yang mengaku dirinya maju sebagai bacaleg 2024 daerah pemilihan (dapil) III DKI Jakarta.

Adapun Effendi sampai saat ini belum memberikan pernyataan terkait kabar tersebut.

'Wassalam' kalau PDIP dan PKS Juga Gabung Koalisi Prabowo, Menurut Peneliti BRIN

"Nanti lihat namanya kalau keluar DCS-nya, ya," kata Puan ditanyai awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2023.

Baca Juga: Gabung Jadi Caleg PDIP tapi Malah Di-bully, Ferdinand: Saya Ini Nasionalis Tulen

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Berdasarkan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), DCS diumumkan pada 19 Agustus 2023. KPU memiliki waktu hingga 3 November 2023 sebelum akhirnya daftar calon tetap (DCT) diumumkan pada 4 November 2023.

Sebelumnya, eks politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean mengaku jadi akal caleg 2024 dari PDIP. Ia maju sebagai caleg dari Dapil Jakarta III. Pegiat media sosial itu mengaku menggantikan Effendi Simbolon. 

“Ya betul saat ini saya terdaftar sebagai bakal caleg dari Partai PDI Perjuangan untuk Dapil Jakarta 3, kodya Jakarta Barat, Jakarta Utara dan kepulauan seribu. Saya diberikan kepercayaan oleh Partai untuk bertarung di sana karena bang Efendi Simbolon tidak lagi menjadi caleg dari PDI Perjuangan untuk Dapil tersebut,” kata Ferdinand saat dikonfirmasi, Kamis, 3 Agustus 2023. 

Ferdinand lebih jauh menuturkan agar publik menunggu keputusan KPU mengenai Daftar Calon Tetap (DCT). Dia pun meminta doa dari masyarakat atas keputusannya maju dari PDIP. 

“Tapi saat ini saya memang terdaftar sebagai ba caleg dari PDI Perjuangan. Mohon doanya dari kawan-kawan semua,” kata Ferdinand.

Sementara, Effendi Simbolon merupakan politikus kawakan PDIP. Effendi sudah empat kali lolos ke DPR sejak 2004.

Isu berhembus terkait kabar Effendi yang tak maju jadi bacaleg dari PDIP lantaran ditafsirkan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Effendi diisukan akan pindah ke Partai Gerindra.

DPP PDIP juga sudah meminta klarifikasi dan memanggil langsung Effendi terkait dukungan ke Prabowo. Menurut keterangan PDIP yang disampaikan Sekjen DPP Hasto Kristiyanto, Effendi masih mendukung Ganjar sebagai bakal capres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya