Elite PPP: Semua Kriteria yang Disampaikan Jokowi Hanya Ganjar Pranowo yang Memenuhi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Usman M Tokan mengklaim cuma Ganjar Pranomo yang memiliki kriteria sebagai bakal calon presiden ideal menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menukil pernyataan Jokowi saat Rapimnas PDIP yang menyebut Ganjar sebagai sosok pemberani.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Kalau kriteria itu hanya dimiliki oleh Mas Ganjar, seperti pada Rapimnas PDIP III di Lenteng Agung, Pak Jokowi menyebut Mas Ganjar itu orang yang punya nyali dan berani," kata Usman kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023.

Selain itu, menurut Usman, Ganjar Pranowo juga merupakan figur yang konsisten untuk memperjuangkan kepentingan rakyat sebagaimana terlihat dengan sejumlah kebijakan Ganjar di Jawa Tengah.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

"Mas Ganjar juga orangnya konsisten dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat seperti yang dilakukan saat ini di Jawa Tengah, ini ditegaskan juga oleh Mas Ganjar di hadapan mahasiswa UIN Salatiga," kata Usman.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Kriteria bisa berlari, Usman menilai, itu adalah representasi seorang Ganjar. Apalagi hobi Ganjar berlari dan dia bersama istrinya berolahraga lari sedikitnya 40 kilometer setiap hari Minggu. 

"Pokoknya semua kriteria yang disampaikan [Jokowi] itu hanya Mas Ganjar yang memenuhi kriteria itu," katanya.

Dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, Presiden Jokowi memberikan empat syarat yang harus dimiliki oleh pemimpin negara selanjutnya. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat membuka sidang umum AIPA ke44

Photo :
  • DPR RI

Pertama, harus mempunyai nyali. Kedua, harus berani. Ketiga, konsisten--maksudnya, bertahan dengan kebijakannya, tidak mudah dirayu. Keempat, harus bisa berlari.

PPP telah mendeklarasikan untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024. PPP memilih untuk berkoalisi dengan PDIP setelah, bersama Partai Golkar dan PAN, sempat menjadi anggota Koalisi Indonesia Bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya