Pengamat: Wacana Munaslub Sudah Wassalam, Airlangga Hartarto Dapat Dukungan Kuat

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pengamat politik Adi Prayitno menilai wacana Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang menggoyang internal Partai Golkar itu sudah berakhir. 

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Sebab, Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar telah mendapatkan dukungan yang kuat dari internal partai berlambang pohon beringin itu.

"Secara prinsip, saya kira itu Munaslub itu sudah wassalam, sudah the end dan sudah selesai karena Pak Airlangga Hartarto sudah mendapatkan dukungan cukup solid dan kuat dari internal Golkar terutama dari pengurus DPD tingkat I yang memiliki hak suara, hak usul," kata Adi saat dihubungi, Jumat, 11 Agustus 2023.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Menurut Adi, usulan Munaslub itu kini hanya seperti pepesan kosong. Sebab, tidak ada satu pun DPD yang memiliki hak suara karena semuanya tegak lurus mendukung Airlangga Hartarto.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • Kemenko Perekonomian
Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

"Usul Munaslub hanya angin lalu, hanya pepesan kosong, yang saya kira sudah selesai dan isunya sudah padam," ucapnya.

"Tidak ada satupun DPD yang punya hak suara itu mendukung Munaslub, dan rata-rata mereka tegak lurus kepada Airlangga," sambung Adi.

Menurut Adi, Airlangga Hartarto telah menunjukkan kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Golkar dengan mengerahkan kekuatan politik di internal partainya saat wacana Munaslub itu mencuat.

Meski wacana Munaslub ini telah padam, Adi menilai Airlangga Hartarto harus tetap meningkatkan konsolidasi di internal partai. Airlangga juga harus mulai mempersiapkan diri dan partainya untuk bertarung di Pemilu 2024

"Rasa-rasanya memang Golkar ini terlihat sudah solid karena kekuatan politik Golkar itu salah satunya terletak pada kekuatan struktur kekuatan kader dan kekuatan caleg. Yang paling penting sebenarnya disiapkan Golkar itu adalah bagaimana berpikir tentang Pilpres," ujarnya.

Akbar Tandjung Minta Wacana Munaslub Disetop

Sebelumnya diberitakan, Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto terkait sikap dan keputusan politik di Pilpres 2024. Sikap ini diambil setelah Dewan Kehormatan Partai Golkar menggelar rapat internal pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung menuturkan, ada lima poin keputusan untuk menyikapi berbagai isu dan dinamika politik di internal dan nasional. Salah satunya adalah meminta seluruh jajaran pengurus dan kader partai berlambang pohon beringin di semua tingkatan untuk menjaga kekompakan dan soliditas partai.

“Wacana mengenai penyelenggaraan Munas Luar Biasa (Munaslub) yang dilontarkan beberapa aktivis partai, agar dihentikan,” tutur Akbar Tandjung dikutip dari Surat Keputusan Dewan Kehormatan yang ditandatangani Rabu, 2 Agustus 2023.

Permintaan penghentian wacana munaslub ini menjadi poin pertama dari keputusan Dewan Kehormatan Partai Golkar. Selain itu, Dewan Kehormatan juga menyepakati untuk menyerahkan sepenuhnya pengambilan sikap dan keputusan terkait calon presiden dan calon wakil presiden kepada Airlangga Hartarto.

“Dewan Kehormatan menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar untuk mengambil sikap dan keputusan dengan mengikuti perkembangan situasi dan kondisi bangsa dan negara,” tutur Akbar Tandjung.

Menurut Dewan Kehormatan, penyerahan keputusan terkait capres dan cawapres ini merupakan mandat Munas dan Rapimnas kepada Airlangga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya