Soroti Melorotnya Elektabilitas Anies Baswedan, Pengamat: Tak Banyak yang Bisa Dilakukan

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Dibandingkan 2 bakal capres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, elektabilitas Anies Baswedan cenderung tertinggal. Hampir seluruh survei memotret, elektabilitas Anies diurutan buncit, jauh di bawah 2 kompetitornya tersebut.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Terbaru, hasil penelitian Laboratoriom Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di Jawa Timur elektabilitas Anies kalah jauh dari Prabowo dan Ganjar. Bahkan jika head to head, Anies kalah dari keduanya dengan agregat elektabilitas yang jauh.

Salahudin, Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Malang

Photo :
Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

 
Isu Cak Imin Minta Jatah 2 Kursi Menteri Buat PKB, PAN: Itu Urusannya Prabowo

Pengamat politik, Salahudin, menilai memang ada kekhawatiran  termasuk dari Nasdem terhadap elektabilitas Anies tersebut. 

"Elektabilitas Anies semakin merosot, semakin kalah jauh dari Prabowo dan Ganjar. Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh Anies dan Nasdem untuk meningkatkan elektabilitasnya. Kecuali hadir pada forum terbatas di beberapa daerah yang merupakan basis Nasdem," kata Salahudin, saat dihubungi, Senin 14 Agustus 2023.

Upaya dengan memberi panggung melalui media, dan berbagai kesempatan termasuk saat apel siaga beberapa waktu lalu, menurut Salahudin, tidak juga menunjukkan peningkatan yang positif. Justru yang mencuat belakangan, soal soliditas Koalisi Perubahan, yang terus digoncang kabar akan adanya partai yang menarik diri. Saat ini, Koalisi Perubahan digagas oleh Nasdem, PKS dan Partai Demokrat.

Sebab, jika salah satu partai memilih untuk keluar dan merapat ke poros lain, maka untuk mengusung Anies tidak bisa lagi. Sebab, gabungan partai yang tersisa tidak mencapai Presidential Threshold atau PT, ambang batas suara nasional untuk mengusung capres-cawapres.

Membuat Anies Susah Bermanuver

Salahudin yang juga pengajar Ilmu Pemerintahan di FISIP Universitas Muhammadiyah Malang itu, mengatakan situasi yang seperti ini membuat Anies maupun Nasdem, tidak percaya diri untuk bermanuver.

"Sementara lawan politik lainnya semakin gencar gesit membuat eskalasi politik yang dianggap merugikan Anies dan Nasdem," katanya. Seperti masih terjadinya komunikasi politik Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDIP.

Maka situasi ini membuat Anies harus terus mengkonsolidasikan agar koalisi tetap utuh. Menurut Salahudin, walau Koalisi Perubahan diikat dengan piagam, namun itu tidak menjamin bahwa suatu saat ada partai yang memilih untuk berada di poros koalisi lainnya. Apakah ke partai-partai pendukung Ganjar, atau ke koalisi Prabowo yang baru mendapat asupan 2 partai besar yakni Golkar dan PAN.

"Kendati PKS dan Demokrat telah secara tegas mendukung Anies sebagai capres, setidaknya dibuktika dengan tandatangan piagam koalisi perubahan untuk Anies, namun suatu waktu sikap PKS dan Demokrat bis saj berubah. Tergantung dinamika politik dan kemampuan Anies dan Nasdem mengakomodir kepentingan politik PKS dan Demokrat," jelasnya.

Sikap politik yang menjadi dilema itu, menurut Salahudin, adalah usulan cawapres. Demokrat mengajukan AHY. Sementara PKS mengajukan Ahmad Heryawan atau Aher sebagai cawapres dari Anies Baswedan. Tetapi, lanjut dia, jika memaksakan AHY maka elektabilitasnya pun menurut Salahudin, tidak bisa mendongkrak suara Anies yang sudah jauh di bawah Prabowo dan Ganjar.

Maka lanjut Salahudin, yang bisa dilakukan Anies dan maupun Nasdem saat ini, adalah meyakinkan AHY dan petinggi Demokrat untuk mereka legowo. Apabila nanti tidak dipilih untuk menjadi cawapres dari Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Maka Anies dan Nasdem akan fokus pada upaya memilih tokoh nasional yang mumpuni atau memiliki kekuatan secara politik,  dan sosial keagamaan," terang Salahudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya