Jokowi Tak Masalah Fotonya Dipasang dengan Semua Bacapres 2024

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI Bersama DPR dan DPD 2023
Sumber :
  • (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tidak mempermasalahkan apabila fotonya dipasang bersama para kandidat calon presiden (capres) 2024.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

Menurut Presiden Jokowi, hal itu, sah-sah saja. "Ya nda apa, boleh-boleh saja," kata Jokowi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023. 

Jokowi menekankan, mencermati fenomena yang terjadi di tahun politik di mana fotonya dipasang di mana-mana. Foto itu, kata Jokowi, tidak sendirian, tapi bersandingan dengan kandidat capres tertentu.

Dukung Ide Presidential Club Prabowo, Heikal: Insya Allah Silaturahmi Para Presiden akan Terjalin

"Bahkan walau kampanye belum mulai, foto saya banyak dipasang dimana-mana. Saya ke Provinsi A eh ada, ke Kota B eh ada, ke Kabupaten C ada. Sampai ke tikungan-tikungan di desa ada juga.Tapi, bukan foto saya sendirian," kata Jokowi.

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden
Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Hanya saja, Jokowi menegaskan, dia tidak mempunyai wewenang menentukan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Sebab, kewenangan tersebut berada di partai politik atau gabungan partai politik sebagaimana amanat undang-undang dan konstitusi.

"Jadi saya mau bilang itu bukan wewenang saya, bukan wewenang Pak Lurah. Walaupun saya paham sudah nasib seorang Presiden untuk dijadikan “paten-patenan”, dijadikan alibi, dijadikan tameng," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya