Gerindra Tepis Tudingan PDIP: Food Estate Bukan Kejahatan Lingkungan

Food Estate (ilustrasi).
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono menjelaskan soal food estate yang disorot oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Menurut dia, program food estate adalah solusi untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.

Nikita Mirzani Bongkar Dugaan Penyiksaan Mantan Pacar: Dijambak, Dibenturkan ke Sofa Selama 30 Menit

“Program strategis nasional yang memang sudah dijalankan dan patut kita bersama-sama dukung ke depan untuk menjawab tantangan ketahanan pangan kita kedepan,” kata Budi di Gedung DPR pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Mengingat, kata dia, situasi dunia geopolitik ekonomi internasional yang serba tidak menentu sangat mempengaruhi produktivitas lahan-lahan pertanian dalam negeri. Makanya, perlu inisiatif dan gagasan untuk mewujudkan tantangan itu sala satu solusinya food estate atau lumbung pangan.

Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

“Tentang anggapan bahwa ini adalah kejahatan lingkungan, saya kira itu tidak benar,” jelas Anggota DPR RI ini.

Karena, lanjut dia, lahan-lahan yang telah disiapkan untuk mewujudkan food estate ini adalah lahan yang memang sudah ada kajiannya diberikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), dalam hal yang Kalimantan Tengah.

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

“Ini adalah izin namanya KHKP atau kawasan hutan untuk ketahanan pangan. Memang izin pertama dan kalau itu sudah keluar dari KLHK, sudah ada kajian teknisnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Budi menilai gagasan Prabowo untuk mewujudkan sebuah lumbung pangan sebagai cadangan strategis, dalam hal ini komoditas singkong yang sangat penting untuk ada lahan yang disiapkan.

“Kenapa singkong, karena singkong ini selain bisa menjadi sumber pangan tapi juga bisa menjadi sumber energi kira-kira begitu,” ungkapnya.

Harusnya, kata dia, PDI Perjuangan sebagai partai koalisi pemerintahan Joko Widodo mendukung program food estate. Sebab, kata Budi, food estate merupakan program Presiden Jokowi.

“Saya rasa kita komunikasi terus, kebetulan saya Komisi 4, kami juga ada teman-teman di PDI Perjuangan, ini kan program Pemerintah Jokowi, di mana PDI Perjuangan juga sahabat kita dalam Kabinet Pak Jokowi,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut proyek food estate atau lumbung pangan di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah bagian dari kejahatan lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan Hasto, bertalian dengan temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang adanya dugaan uang hasil kejahatan lingkungan sebesar Rp 1 triliun mengalir ke partai politik. 

“Kami mengapa memberikan suatu catatan yang sangat kuat terkait dengan upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi untuk membangun food estate," kata Hasto di Bogor padaSelasa, 15 Agustus 2023. 

Hasto lebih jauh menerangkan, program itu dalam praktiknya banyak disalahgunakan, pasalnya banyak hutan-hutan yang ditebang habis. 

"Tetapi dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, dan kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estatenya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya