Viral, Jejak Digital Hasto PDIP: Dulu Memuji Kini Serang Proyek Food Estate Kejahatan Lingkungan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Program food estate atau lumbung pangan era Jokowi saat ini tengah jadi sorotan PDI Perjuangan (PDIP), partai pendukung pemerintah. Melalui Sekjen DPP Hasti Kristiyanto, proyek food estate disebut sebagai bagian kejahatan lingkungan.

Profil Satya Nadella, Bos Microsoft yang Sudah Sering Ketemu Jokowi

Omongan Hasto yang mengkritik program Jokowi pun jadi perhatian netizen. Salah satunya yang diunggah akun TikTok Jempol Rakyat Official.

Rekam jejak digital Hasto diunggah yang dulu membanggakan food estate proyek Jokowi tapi kini malah mengkritik. Unggahan akun itu dengan bandingkan omongan Hasto yang memuji food estate sebagai upaya negara dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

Pernyataan mendukung itu diduga saat Hasto berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Juli 2022.

"Kita harus mengembangkan rasa percaya diri kita sebagai bangsa, bahwa dalam bidang pangan pun kita bisa berdaulat. karena itu kita memberikan dukungan sepenuhnya terhadap upaya Presiden Jokowi untuk membangun food estate di Kalimantan Tengah ini," demikian kata Hasto dalam video tersebut.

PDIP Klaim 5 Ribu Suaranya Direbut PAN di Dapil Jawa Barat IV

Netizen bandingkan omongan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto soal Food Estate.

Photo :
  • Tangakan layar akun TikTok Jempol Rakyat Official

Hasto juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran TNI terutama matra Angkatan Darat yang membantu program food estate. Dia bilang TNI AD sudah menunjukkan darma bakti dengan ikut gotong royong.

"Yang menunjukkan darma baktinya dengan gotong royong sehingga harapan Pak Gubernur tentang keterlibatan TNI dalam membangun hal strategis dalam kedaulatan pangan bisa terwujud sebaik-baiknya," tambah Hasto.

Pernyataan memuji Hasto itu pun dikompilasikan dengan omongannya yang menyerang food estate sebagai bagian kejahatan lingkungan. Pernyataan Hasto ini dilontarkan beberapa hari lalu seperti di Ciawi , Bogor.

Hasto menuturkan alasan PDIP berikan catatan kuat terkait upaya Jokowi untuk membangun food estate. Dia menyebut kebijakan di balik praktik proyek itu ternyata disalahgunakan.

"Kemudian hutan-hutan malah justru ditebang habis dan food estate malah tidak dibangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," tutur Hasto.

Kritik Hasto soal food estate yang merupakan proyek di bawah naungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memantik pro kontra dalam dinamika menuju 2024. Baik Prabowo dan Jokowi pun sudah menanggapi kritikan Hasto. Begitupun elite Gerindra pasang badan membela Prabowo.

Pernyataan Jokowi tanggapi Hasto dengan menjelaskan bahwa food estate itu dibangun dalam rangka mengantisipasi krisis pangan. Dia menuturkan hampir seluruh negara saat ini tengah menghadapi krisis pangan.

Dia menyinggung karena krisis pangan, saat ini negara yang juga mengandalkan gandum sebagai konsumsi penduduknya juga bermasalah. Sebab, gandum mengalami kenaikan harga.

Menurut dia begitu juga dengan negara yang mengkonsumsi beras karena ada persoalan harga jual yang naik. Ia bilang membangun food estate tidak mudah karena banyak percoban penanaman tanaman pangan yang gagal sehingga mesti dilakukan beberapa kali.

"Tanaman pertama biasanya gagal, nanam kedua masih paling berhasil 25%, ketiga, ke enam ke tujuh itu biasanya baru pada kondisi normal. jadi tidak semudah yang kita bayangkan," ujar Jokowi di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya