BEM UI Tantang Bacapres Debat di Kampus, Teddy Garuda: Jangan Sampai Keliru

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA

Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) berencana mengundang tiga bakal capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subinto untuk debat adu gagasan. Rencananya, adu gagasan itu dilakukan pada 14 September 2023.

Pelajar Hingga Mahasiswa Indonesia Banyak Jadi Korban, Ini Beda Judi Online dan Game Online

Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menyoroti keinginan BEM UI. Teddy menyampaikan berdasarkan Undang-Undang Pemilu, mahasiswa tak bisa mengundang capres. Tapi, kata dia, justru capres yang bisa mengundang mahasiswa.

Dia ingin meluruskan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pasal 280 ayat 1 huruf h UU Pemilu. Kata Teddy, yang diputuskan MK adalah penggunaan tempat pendidikan untuk tempat kampanye.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Bukan menjadikan lembaga pendidikan atau organisasi mahasiswa sebagai pelaksana kampanye. Jadi, jangan sampai keliru," kata Teddy, dalam keterangannya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda Teddy Gusnaidi.

Photo :
  • istimewa
Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Teddy menuturkan organisasi mahasiswa atau mahasiswa dalam UU Pemilu adalah peserta kampanye, bukan pelaksana Kampanye. Menurut dia, mahasiswalah yang diundang oleh pelaksana kampanye.

"Bukan pelaksana kampanye yang diundang mahasiswa, walaupun lokasinya berada di kampus," tuturnya.

Menurut dia, ada cara agar mahasiwa bisa berinteraksi dengan capres-cawapres atau caleg di kampusnya. Ia menyebut cara itu yakni mahasiswa meminta kampus untuk memberikan izin jika pelaksana dan tim kampanye mau mengadakan kampanye di kampus. "Karena itu syarat berdasarkan putusan MK, harus mendapatkan izin," ujar Teddy.

Bagi dia, keliru saat organisasi mahasiswa mengundang capres ke kampus.

"Karena organisasi mahasiswa bukan pelaksana kampanye. Karena pelaksana lampanye adalah pihak yang ditunjuk oleh peserta pemilu dan itu harus terdaftar di KPU," jelas Teddy.

"Penjelasan ini bagian dari pendidikan politik agar supaya tidak keliru dalam menafsirkan putusan MK," sebutnya.

Adapun dari pihak BEM UI menyampaikan akan mengundang Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto yang statusnya sebagai tiga bacapres untuk adu gagasan. Rencananya, BEM UI menggelar forum adu gagasan itu pada 14 September mendatang.

"Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti," kata Ketua BEM UI Melki Sedek Huang dalam keterangannya, Rabu, 23 Agustus 2023.

Melki menuturkan pihaknya segera mengiri undangan resmi kepada tiga bacapres agar datang ke UI. Dia bilang ingin menguliti isi pikiran serta diuji gagasannya untuk bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya