Bicara Keadilan, Anies Contohkan Warga Pemilik Lahan Dijadikan Pemegang Saham Tol

Bakal capres Anies Baswedan di kampus UI.
Sumber :
  • TV UI

Jakarta - Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berbicara soal memprioritaskan keadilan di level pemerintah pada saat memberi kuliah kebangsaan di kampus FISIP Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. 

OJK Cabut Izin Usaha TaniFund Lantaran Tak Penuhi Ketentuan Ekuitas dan Rekomendasi Pengawasan

Anies pun mencontohkan warga yang memiliki lahan dan akan dibangun jalan tol dijadikan sebagai pemilik saham.

"Bukan diambil alih (lahannya), tapi dianggap sebagai penyertaan modal dalam bentuk tanah, sesuai dengan ukurannya," kata Anies Baswedan di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro UI, Depok, Jawa Barat, Selasa, 29 Agustus 2023.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Bakal capres Anies Baswedan menghadiri kuliah kebangsaan di FISIP UI

Photo :
  • TVUI

Anies menyebut, ketika ada proyek tol harus mengorbankan lahan milik warga. Kondisi yang kerap terjadi saat ini, kepemilikan lahan otomatis pindah ke investor usai dibebaskan.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

"Ketika lahan itu dibebaskan, kepemilikan lahan itu pindah kepada investor. Rakyat disana melepaskan dan menerima uang habis itu selesai, bisnis selesai," ujarnya.

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu mengatakan akan adil apabila warga juga punya andil dari lahan itu. Sehingga, ada keterjaminan ekonomi rakyat.

"Sampai kapan pun ada tol itu ada, rakyat pemilik tanah itu dia bisa ikut mendapatkan keuntungan atas tol yang dibangun di atas tanah dia. Itu yang saya maksud. Keadilan disitu," tuturnya.

Sebelumnya, Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengingatkan masyarakat bahwa masih ada ketimpangan pendapatan antara wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan daerah di luar kawasan itu, termasuk di luar Jawa.

"Kita masih mengalami PR (pekerjaan rumah) besar apa yang kita rasakan di Jabodetabek dengan yang memang kita saksikan di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota, yang jauh dari pulau Jawa, maka kita akan menghasilkan ketimpangan yang luar biasa," ujar Anies ketika jadi pembicara dalam Kuliah Kebangsaan di kampus FISIP Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat, Selasa, 29 Agustus 2023.

Menurut Anies, kesetaraan pendapatan dan peningkatan kesejahteraan sudah menjadi langkah untuk menciptakan demokrasi yang sehat. "Menyamakan kesetaraan memberikan peningkatan kesejahteraan itu harus dikerjakan dalam demokrasi yang sehat."

Bahkan, mantan gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan perlu ada komunikasi dan ide yang baik agar bisa mewujudkan kebijakan yang menyejahterakan masyarakat.

"Kita membutuhkan komunikasi yang deliver, demokrasi di mana ide gagasan menjadi yang terdapat dalam proses politik dan kebijakan menjadi output yang dituju oleh semua, kebijakan untuk kesejahteraan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya