Tantang 3 Bacapres Debat di Kampus, BEM UI: Momentum Kita Meramu Ulang Masa Depan Bangsa

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Melki Sedek Huang mengatakan pihaknya sudah mengundang langsung tiga bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dalam forum debat di kampus pada 14 September 2023. Forum itu mengundang tiga bacapres untuk adu gagasan.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Melki mengatakan undangan adu gagasan itu sudah dikirimkan per Selasa hari ini, 29 Agustus 2023 hari ini. 

"Hari ini, Selasa, 29 Agustus 2023, BEM UI resmi mengirimkan surat undangan dari mahasiswa UI untuk Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto ke alamatnya masing-masing," kata Melki, dalam keterangannya, Selasa 29 Agustus 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama.

Pun, kata Melki, adu gagasan itu akan digelar di Kampus UI, Depok pada 14 September 2023. Ia menuturkan, pihaknya mesti menunggu konfirmasi dari tiga bacapres.

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

"Surat undangan secara fisik telah kami berikan hari ini. Kini kami akan menunggu konfirmasi dan kesediaan dari tiap bacapres untuk hadir dan memaparkan gagasan kebangsaannya di depan mahasiswa UI," jelas Mellki.

Lebih jauh, Melki menuturkan, ajang forum debat digelar demi melihat masa depan bangsa. Sebab, gagasan para bacapres itu dibutuhkan masyarakat.

"Kami harap ini jadi momentum untuk kita meramu ulang masa depan bangsa. Masa depan bangsa ini harus dituntun dengan gagasan-gagasan,” lanjut Melki.

“Dan, tiap bacapres harus jadi orang yang siap mengemukakan gagasan itu dengan paripurna di kampus yang memang adalah tempat menguji juga mengulas gagasan," ujarnya.

BEM UI sebelumnya jadi perhatian karena menantang tiga bacapres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang digadang-gadang sebagai bacapres 2024 dalam debat di kampus UI.

Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang menanggapi putusan MK yang mengizinkan kampanye di institusi pendidikan asal tidak membawa atribut kampanye.

Melki menantang tiga bacapres jika punya nyali untuk datang ke kampus UI. Dia bilang BEM UI siap menguliti pemikiran tiga bakal capres.

"Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden atau bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu," kata Melki dalam keterangan tertulis, Senin, 21 Agustus 2023.

Melki menyindir saat ini banyak kampanye yang saat ini membosankan karena minim substansi dan hanya berisi lip service semata.

"Kami tak mau masa depan bangsa ini digantungkan pada calon pemimpin yang hanya berfokus pada kampanye, pencitraan, dan lip service tak bermutu. Kami butuh pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya