Ingin UMKM Indonesia Terus Naik Level, Ibas Pesan Ini ke Para Pedagang

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Rachmad Gobel di acara Bazar UMKM & Pasar Murah
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) turut menghadiri Pembukaan Bazar UMKM & Pasar Murah dalam rangka Memperingati HUT ke-78 DPR RI. Kegiatan yang diinisiasi Persatuan Istri Anggota (PIA) DPR RI ini dibuka langsung oleh Ibas dan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan, Rachmad Gobel.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Ibas dan Gobel kompak memukul kenong sebagai tanda dibukanya kegiatan Bazar UMKM & Pasar Murah. Ada berbagai tenant yang meramaikan kegiatan tersebut, mulai dari produk kriya, wastra, dan kuliner unggulan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

“Saya turut senang sekali kegiatan Bazar UMKM dari PIA DPR RI bisa digelar kembali. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk memutarkan, melestarikan kreativitas ekonomi rakyat, sekaligus nguri-uri industri UMKM berkebudayaan kita. Selain itu, bisa digunakan untuk meningkatkan daya beli dan meningkatkan pendapatan, serta mengurangi pengangguran dan mengentaskan kebodohan dalam rangka potensi ‘one village, one product" tutur Ibas dalam keterangan yang diterima, Selasa 29 Agustus 2023. 

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Ilustrasi pelaku usaha UMKM.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Selain Bazar UMKM, acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan permainan musik kolintang dari Anggota PIA Fraksi Partai Demokrat DPR RI. Lantunan suara yang begitu khas dari musik tradisional khas Minahasa, Sulawesi Utara ini mampu memberi decak kagum seluruh Anggota yang hadir di Aula Gedung Nusantara II DPR RI.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

“Musik kolintang ini menarik. Jika dibunyikan sendiri-sendiri, akan terdengar tidak merdu dan terasa aneh. ‘Tong’ ‘ting’ ‘tang’ seperti tidak menyatu, tetapi ketika dimainkan secara bersama dan dipadukan dalam satu kekompakan, maka kolintang menjadi merdu dan menarik,” puji Ibas.

Aliya Rajasa Yudhoyono, selaku Ketua PIA FPD DPR RI yang turut tampil pun menyampaikan harapannya sebelum memulai penampilan. “Kami ibu-ibu PIA FPD DPR RI membawakan alat musik kolintang. Hal ini, sebagai upaya pelestarian dan promosi kami, agar alat musik khas Sulawesi Utara ini dapat semakin dikenal, semakin mendunia, dan dapat diakui sebagai warisan tak benda oleh UNESCO,” ungkap Aliya

Ibas kemudian berharap agar bazar ini dapat membangkitkan ekonomi. “Begitupula mengenai giat Bazar dan Pasar Murah dari PIA DPR RI ini. Bisa saja jika hanya satu-satu yang berjualan, justru bisa menimbulkan persaingan antarpenjual. Tapi dengan diadakan bersama-sama, semua jadi terlihat guyup rukun menjadi satu. Ramai saling bergotong royong membangkitkan UMKM, dan para pembeli pun lebih mudah mencari kebutuhan karena semua ada di sini,” terang Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Wakil Ketua Banggar DPR RI ini juga berharap bisa membantu memperluas pasar UMKM di dalam dan luar negeri. “Sarannya, tentu kami berharap kualitasnya ditingkatkan dan kemasan juga ditingkatkan, UMKM Indonesia harus terus naik level,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya