Puan Harap LRT Jabodebek Bantu Kurangi Polusi Udara di Ibu Kota

Puan Maharani Ketua DPR RI, Rapat Paripurna Pembukaan Masa SIdang 2023-2024
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani berharap kehadiran moda transportasi Lintas Rel Terpadu  (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek0 menjadi solusi mengatasi permasalahan pencemaran udara yang tengah menghantui masyarakat saat ini. Selain itu juga mengurangi kemacetan di Ibu Kota. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Kami di DPR akan terus mendukung pemerintah untuk mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi udara yang cukup mengkhawatirkan. Semoga hadirnya LRT dapat membantu mengurangi polusi udara di ibu kota dan sekitarnya. Tapi tentunya semua ini membutuhkan dukungan dari masyarakat sendiri, untuk mau beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik yang lebih ramah lingkungan,” kata Puan dalam keterangannya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini menyambut baik atas beroperasi penuh moda transportasi massal LRT Jabodebek. Selain semakin memudahkan masyarakat, moda transportasi umum ini dapat mendukung upaya mengurangi emisi polutan. 

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

LRT Jabodebek.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Saya antusias dan mendukung penuh beroperasinya LRT Jabodebek yang diharapkan menjadi awal dari reformasi kualitas pelayanan transportasi publik di Indonesia, khususnya kota Jakarta dan sekitarnya," kata Puan.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Dengan adanya LRT Jabodebek, lanjut Puan, akan memberikan pilihan transportasi publik bagi masyarakat di daerah penyangga yang menjalani aktivitas hariannya di Jakarta.

Kehadiran LRT dinilai semakin melengkapi transportasi publik lainnya seperti KRL, Trans Jabodetabek hingga MRT, yang setiap hari selalu dipadati penumpang. 

"Masyarakat yang setiap harinya mendatangi Ibu Kota untuk bekerja, memerlukan sarana transportasi publik yang memudahkan mereka. Jadi LRT ini bisa menjadi alternatif terutama untuk wilayah yang tidak terjangkau sarana transportasi massal lainnya," ujarnya.

Di sisi lain, Puan mendorong pemerintah untuk memastikan akses dari dan menuju Stasiun LRT ke moda lanjutan lainnya disiapkan dengan baik. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi massal LRT Jabodetabek. 

"Peralihan kendaraan pribadi ke kendaraan umum oleh masyarakat akan sulit jika mereka masih harus berjalan jauh atau berpindah-pindah lokasi perhentian menggunakan beberapa jenis transportasi umum, misalnya dari LRT masih harus lagi menggunakan ojek untuk menjangkau kantor," ujarnya.

Mantan Menko PMK itu juga mengapresiasi adanya tarif promo yang diberikan pemerintah bagi pengguna LRT Jabodebek dan menilai hal tersebut menjadi langkah promosi yang tepat agar masyarakat beralih ke kendaraan umum. 

"Promo tarif angkutan umum adalah salah satu cara menyerap keinginan masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik. Selain itu, akan mengurangi kepadatan pada transportasi publik lainnya," ujarnya.

Diketahui, LRT Jabodebek resmi beroperasi sejak Senin, 28 Agustus 2023 setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun moda transportasi massal tersebut melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Pada awal pengoperasian LRT, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menetapkan tarif promo sebesar Rp 5.000 dengan tarif maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh. Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 hingga akhir Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya